Kemenpar Maksimalkan Pemasaran Pariwisata Berbasis Digital

Posted on

Foto: (Wahyu/detikTravel)

Jakarta – Era digital ikut mensugesti perkembangan pariwisata Tanah Air. Kemenpar pun memaksimalkan dunia digital untuk memperkenalkan Indonesia di mata dunia.

Gerakan ‘Go Digital’ yang digaungkan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Rakornas Pariwisata ke-3 ternyata bukan hanya sekedar gerakan move on. Di Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata, ini diartikan sebagai move up, gerakan untuk naik ke keadaan yang lebih baik.

“Pelan-pelan kami sudah mulai membiasakan diri masuk ke iklim digital. Manfaat dari teknologi informasi kini ini sangat besar. Dari smartphone yang ukurannya kecil ini kita sanggup memanfaatkannya untuk banyak sekali macam hal,” kata Esthy Reko Astuti, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, dalam rilis kepada detikTravel, Sabtu (17/9/2016).

Ucapan Esthy itu bukan tanpa alasan. Dalam data US Census Bureau serves America, penyedia layanan data tingkat dunia, menyebutkan penduduk Indonesia mencapai 259,1 juta, 88,1 juta di antaranya pengguna aktif internet.

Sebanyak 79 juta pengguna aktif media sosial. Sementara 66 juta aktif di media umum ponsel. Angka penduduk yang melek digital jumlahnya sudah sepertiga penduduk Indonesia, sangat tinggi.

Dengan begitu mau tidak mau, Divisi Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata juga harus bertransformasi ke digital. Semua lini dituntut harus sanggup mengukur dan menghitung posisi dikala ini. Tujuannya, apalagi kalau bukan untuk mengelola seluruh kebutuhan wisatawan.

“Di kurun digital dikala ini, analisa data itu sangat penting dan mendasar. Semua harus sanggup diukur,” terperinci Esthy.

Era digital ini juga mempermudah dalam monitoring pergerakan wisatawan nusantara (wisnus). Ada penemuan digital via Monitoring Information System (MIS) dan Dashboard Digital Data yang siap menyajikan data dengan akurat. Pergerakan wisnus jadi gampang terpantau dengan basis seluler yang real time.

Strategi menggaet 275 juta perjalanan wisnus juga tak sulit lagi. Sudah ada Customer Service System (CSS) yang mulai diterapkan. Dari mulai SMS, digital survey, viral marketing, programatic digital promotion, semua sudah mulai dilakukan dengan basis digital.

Di MIS Dashboard wisnus, Bidang Pemasaran Promosi Pariwisata Nusantara memakai taktik marketing, asal, destinasi, timeline. Sekarang, cara ini sudah diterapkan di tujuh kota. Dari mulai Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar, sudah mulai terlayani MIS Dashboard wisnus.

Maka kalau tiba ke 7 kota tadi, dikala traveler tiba di stasiun, bandara, terminal, atau perbatasan kota akan menerima SMS LBA. Isinya sanggup ucapan selamat tiba dan informasi terkait destinasi yang dikunjungi.

“Misal, SMS ucapan selamat tiba di Surabaya, ikuti Pekan Budaya Surabaya. Wisatawan tinggal klik link ke landing page informasi, lalu ke info relevan di indonesia.travel. Semudah itu,” beber Esthy.

Layanan SMS LBA yang gres menjangkau 7 provinsi, akan ditingkatkan menjadi 34 provinsi dan 10 destinasi di 2017. Frekuensi penyebarannya juga akan disesuaikan. Jumlah 900 ribu sms untuk 7 kota akan dinaikkan menjadi 1 juta sms per kabupaten/kota.

Promosi event wisata juga akan banyak dilakukan dengan menggaet sosok yang populer pula di dunia maya ibarat para vlogger. Ini telah dilakukan dikala Festival Kemerdekaan Pesona Danau Toba Agustus kemarin.

“Kami menciptakan video blogging dengan endorser Arief Muhammad dan Shalsabila, dua vlog papan atas Indonesia. Responnya sangat bagus. Dalam 2 ahad ada 290 ribu impresi dan 8.335 like,” kata Esthy.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.