Ke Yogyakarta, Obama Tak Lewatkan Makan Gudeg

Posted on


Yogyakarta

Kedatangan Mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama mengakibatkan Yogyakarta semakin istimewa. Bahkan Presiden Ke-44 Amerika Serikat itu merasakan hidangan masakan gudeg khas Yogya.

Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI) Vita Datau Messakh mengatakan, sudah seharusnya Obama dihidangkan Gudeg Yogya. Apalagi Gudeg merupakan kuliner otentik yang Istimewa bagi wisatawan mancanegara (wisman) dan juga menjadi jamuan wajib yang ada di meja makan ketika tamu negara tiba ke Yogyakarta.

“Gudeg kini sudah menjadi hidangan hotel berbintang di Yogyakarta, gudeg selalu menjadi pilihan utama, dan wisman kini banyak yang suka. Tetutama dinikmati oleh Obama maka akan membuat Gudeg semakin mendunia,” ujar Vita dalam rilisnya, Jumat (30/6/2017).

Wanita yang juga Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner Kementerian Pariwisata ini menjelaskan, bahkan situs sebesar CNN Travel pun pernah memasukan gudeg menjadi salah satu masakan terenak dari Indonesia.

“Para wisman, mengenal Yogyakarta melalui gudeg, mereka ingin tau dengan kuliner khas Yogya yang begitu gurih dan manis di pengecap ibarat manisnya Yogyakarta,” lanjut dia.

Ada dua varian gudeg, yaitu gudeg berair dan gudeg kering dengan cita rasa mayoritas manis. Sebenarnya ada juga varian gudeg yang tidak berbahan baku nangka, yakni berasal dari manggar atau bunga kelapa dan rebung alias tunas akar bambu. Namun gudeg jenis inisangat jarang dan susah untuk ditemui.

“Jadi, gudeg lebih dikenal dengan materi baku nangka dan bervarian berair atau kering,” ucap dia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut liburan serta wisata masakan Barack Obama bersama keluarganya ke Yogyakarta itu akan membuat persepsi sangat bagus.

Alasannya simpel. Obama ialah tokoh dunia. Punya followers yang sangat banyak. Di Twitter saja, akun @BarackObama diikuti 91.286.757 netizen.

“Obama menjadi endorser kami! Semua perilakunya, apa saja, dimana saja, selalu menjadi public figure dunia. Pasti akan selalu menjadi sentra perhatian netizen,” ungkap Arief.

Persepsi masyarakat dunia diyakini bakal sangat cantik terhadap Yogyakarta sebagai destinasi wisata berkelas dunia. “Image yang terbangun Yogyakarta itu tempatnya liburan orang mapan, orang kaya, selebriti dan kepala negara,” ucap Arief.

Yogyakarta juga tak kalah keren dari Bali. Di sana ada Borobudur dan Prambanan, dua destinasi wisata kelas dunia.

“Yogyakarta juga punya atmosfer budaya, alam yang lengkap, ada bahari, ada forest, ada rice field, kuliner, souvenir, dan asyik. Terima kasih Barack Obama. Yogyakarta jadi makin mendunia,” ujar Arief.

Saksikan video 20detik perihal kunjungan Barack Obama di Indonesia di sini:


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.