Kangen Bunyi Gamelan, Obama Bawa Keluarga Ke Prambanan

Posted on


Jakarta – Selain ke Bali, Barack Obama dan keluarga akan mengunjungi Candi Prambanan di Yogyakarta. Obama ingin mengajak keluarganya mencicipi bab dari hidupnya yang pernah tinggal di Indonesia. Salah satunya gamelan yang membuatnya rindu.

Dalam buku The Audacity of Hope Obama pernah menuliskan kerinduannya kepada masa kecilnya yang diwarnai dengan orkestra gamelan.

“Ketika aku pikir pulau itu, dan semua pulau Indonesia, aku dihantui oleh kenangan, rasanya berjalan di lumpur dengan kaki telanjang dikala menelusuri sawah; pemandangan pergantian hari dari balik pegunungan vulkanik; bunyi azan di malam hari dan aroma kayu bakar,”

“tawar-menawar di stand buah sepanjang jalan; bunyi hiruk pikuk orkestra gamelan yang wajahnya sedikit disinari api. Saya ingin mengajak Michelle dan bawah umur untuk membuatkan bab dari hidupku, untuk menjelajahi reruntuhan candi ratusan tahun di Prambanan atau berenang di sungai tinggi di perbukitan Bali,” tulis Obama dalam buku tersebut.

Obama rencananya berada di Bali hingga 28 Juni 2017. Setelah itu ia bertolak ke Yogyakarta dan di sana hingga 30 Juni 2017. Keinginan Barack Obama ini tidak akan disia-siakan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Apalagi Arief ingin menjadikannya endorser pariwisata Indonesia. Pihaknya akan berusaha menyajikan wisata budaya berbasis musik tradisional itu untuk mewujudkan harapan Barack Obama dikala tiba di Yogyakarta bersama keluarga.

“Yogyakarta harus siap. Kedatangan tokoh penting menyerupai Barack Obama ini jangan hingga disia-siakan. Belajar gamelan, berguru tari, membatik, menciptakan topeng maupun nyebur ke sawah semuanya memang adanya di Yogyakarta,” kata Arief.

Bahkan untuk lebih mengesankan mantan orang nomor satu Amerika Serikat itu, Menpar meminta sebisa mungkin Obama diperkenalkan dengan desa wisata yang ada di Yogyakarta.

Karena di sana, keluarga Barack Obama bakal mencicipi sensasinya hidup di pedesaan. Tidak hanya mendengarkan musik gamelan saja, tetapi sanggup ikut berguru memainkannya dengan bimbingan pemandu yang ada.

“Apalagi jikalau Obama mengunggah acara liburannya di Yogyakarta sambil main gamelan, promosi yang luar biasa. Bisa dihitung engagement-nya, sanggup menjadi viral ke mana-mana. Sama menyerupai dikala dirinya menyebutkan nama-nama masakan khas Indonesia dalam pidatonya yang eksklusif mendunia,” kata Arief.

Gamelan yakni ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya atau alatnya.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul atau menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.

Sementara, Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang yakni kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada kurun ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga tuhan utama Hindu yaitu Brahma sebagai tuhan pencipta, Wisnu sebagai tuhan pemelihara, dan Siwa sebagai tuhan pemusnah.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.