Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan Ke Parangtritis

Posted on

Foto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Bantul – Gelombang tinggi di Pantai Selatan Jawa beberapa hari ini, tidak berdampak pada kunjungan wisata di daerah Pantai Parangtritis. Suasananya masih ramai.

Tercatat hari ini ada ribuan wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut. Pantauan detikcom di Pantai Parangtritis, gelombang air maritim tampak tidak begitu tinggi. Akan tetapi, hembusan angin di Pantai yang berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini sangatlah kencang.

“Jika dibanding hari biasa, ombak hari ini cukup tinggi, tapi jikalau dibandingkan kemarin (Selasa 11/6/2019) ketinggiannya cenderung menurun. Karena kemarin itu (ketinggian ombak di Pantai Parangtritis) mencapai 5 hingga 6 meter,” ucap anggota tim SAR Satlinmas wilayah III Parangtritis, Catur Wibowo, ketika ditemui detikcom di Posko SAR Pantai Parangtritis, Rabu (12/6/2019).

Kendati demikian, Tim SAR tetap mengimbau kepada wisatawan biar tidak bermain air di Pantai Parangtritis. Mengingat terdapat beberapa titik palung di Pantai tersebut.

Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan ke ParangtritisFoto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Salah seorang wisatawan, Kusminingsih (48), menyampaikan bahwa ia telah mendengar kabar gelombang tinggi yang menerjang Pantai Selatan Jawa. Namun hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk mengunjungi Pantai Parangtritis.

“Sudah dengar kabar itu (adanya gelombang tinggi), tapi alasannya yakni saudara terlanjur mengajak ke sini (Pantai Parangtritis) mau gimana lagi, kan yang penting tidak bermain air hingga ke tengah,” katanya.

Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan ke ParangtritisFoto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Lanjut warga Kota Yogyakarta ini, gotong royong ia berencana untuk mengunjungi Pantai-pantai di Gunungkidul. Namun, alasannya yakni jaraknya yang terbilang jauh, Kusminingsih menentukan untuk mengunjungi Pantai Parangtritis.

“Karena jikalau ke Parangtritis kan tidak terlalu jauh dari rumah. Selain itu pemandangan pantainya juga lumayan,” ucapnya.

BACA JUGA: Menguak Mitos Larangan Pakai Baju Warna Hijau di Pantai Selatan

Terpisah, Koordinator TPR Parangtritis, Rokhmad Ridwanto mengatakan, bahwa hingga siang ini tercatat ada sekitar 4 ribu wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis. Bahkan, ketika gelombang pasang kemarin, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis mencapai belasan ribu orang.

Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan ke ParangtritisFoto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

“Kemarin (Selasa 12/6/2019) memang ada kabar gelombang pasang, tapi untuk jumlah wisatawan mencapai 16.650 orang dan hingga siang ini sekitar 4 ribu orang,” ucapnya ketika saat ditemui detikcom di TPR Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, penurunan jumlah kunjungan wisata hari ini alasannya yakni sebagian besar pemudik telah kembali ke perantauan. Akan tetapi, ia menilai semakin sore jumlah wisatawan yang tiba akan semakin bertambah alasannya yakni ketika ini masih masuk libur sekolah.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.