Ka Wisata Yang Baru, Asyik Juga!

Posted on

Kapten kru dan prami KA Wisata Priority menyapa penumpang (Kurnia/detikTravel)

Jakarta – KA Wisata Priority sekarang hadir buat traveler yang ingin kenyamanan lebih di perjalanan. Traveling naik kereta ini pastinya asyik banget.

Sudah coba Kereta Api (KA) Wisata yang baru? Dalam artian, keretanya sudah sanggup dipesan perorangan bukan hanya grup charter, namanya juga lebih dikenal sebagai KA Wisata Priority. Untuk akomodasi di dalamnya sedikit berbeda pula dengan pemesanan charter.

Untuk operasionalnya, kelas priority yang hanya 1 gerbong dengan kapasitas 30 penumpang ini melekat di bab terdepan atau bab paling belakang dari kereta eksekutif.

Kamis (24/8/2017) kemarin, detikTravel mencicipi eksklusif naik ibarat apa naik KA Wisata Priority ini dalam Media Gathering Kereta Wisata tujuan Jakarta-Yogyakarta. Kali ini gerbong kelas priority terangkai dengan kereta Argo Dwipangga.

(Kurnia/detikTravel)Foto: Kurnia Yustiana

Kereta dijadwalkan berangkat pukul 08.00 dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Kereta ini pun berangkat on time sesuai jadwal.

Keramahan di KA Wisata Priority terasa semenjak awal memasuki gerbong. Saat akan masuk, ada kapten kru dan pramugari yang disebut prami, menyapa satu per satu penumpang yang masuk.

Begitu memasuki gerbong terlihat suasana yang berbeda dari gerbong eksekutif. Interior di dalamnya didesain ‘elegant luxury’. Dinding gerbong berlapis kayu dengan nuansa coklat.

Tempat duduknya, yang sekilas ibarat dingklik di pesawat, terasa nyaman dengan ruang kaki yang lebih luas. Di setiap dingklik disedikan air mineral, meja makan lipat, bantal, lalu selimut yang akan diberikan ketika perjalanan malam atau tergantung request penumpang di perjalanan siang.

Kursi dilengkapi layar untuk hiburan (Kurnia/detikTravel)Kursi dilengkapi layar untuk hiburan (Kurnia/detikTravel)

Fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) juga tersedia, di mana dari layar kecil yang ada penumpang sanggup menikmati hiburan ibarat nonton film maupun menyetel lagu. Untuk headsetnya sanggup request ke prami.

Di sisi atas dingklik terdapat kompartemen cukup besar untuk meletakkan tas. Kaprikornus tak perlu repot kehabisan ruang buat menaruh barang bawaan. Sementara di dinding depan terpasang TV yang biasanya dipakai untuk karaoke buat penumpang charter.

Namun jika untuk perorangan akomodasi karaoke ini tidak tersedia demi kenyaman maksimal masing-masing penumpang. Kereta juga berjalan di malam hari di mana traveler biasanya tidur hingga datang di tujuan.

Toilet yang higienis (Kurnia/detikTravel)Toilet yang higienis (Kurnia/detikTravel) Foto: Kurnia Yustiana

Untuk kenyamanan maksimal di gerbong glamor ini telah disediakan toilet yang bersih. Ruang makan atau sekadar duduk-duduk sambil ngopi yang cukup luas juga tersedia di sebelah ruangan penumpang.

Kembali ke soal pelayanan, sesudah semua penumpang duduk dan kereta berangkat, kapten kru yang ketika itu berjulukan Andry Budianto mengucap salam dan memperkenalkan 3 kru KA Wisata Priority yang ikut selama perjalanan. Ada seorang kapten kru, prami dan on trip cleaning service.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel) Foto: Kurnia Yustiana


Kemudian disampaikan petunjuk keselamatan, di mana saja pintu keluar darurat. Setelah itu kapten kru dan prami membagikan welcome drink berupa jus jambu buat penumpang, dilanjutkan dengan sup lalu sarapan pagi lengkap dengan buah dan dessert. Saatnya makan!

Menu sarapan kali ini ialah nasi goreng parahyangan. Makan kali ini ditemani dengan suasana kereta nyaman dan pemandangan persawahan dan perkampungan di sepanjang jalan. Selesai makan prami kembali menghampiri untuk membereskan sarapan yang sudah usai.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel) Foto: Kurnia Yustiana


Prami menyiapkan makanan (Kurnia/detikTravel)Prami menyiapkan makanan (Kurnia/detikTravel)

Selama perjalanan ini sesudah sarapan masih tersedia sajian makan siang, aneka snack, air mineral dan free flow kopi serta teh. Kalau mau minta dibuatkan kopi atau teh pun tinggal pesan saja ke prami.

Perjalanan panjang sekitar 8 jam pun terasa menyenangkan dengan pelayanan yang ramah dan perut kenyang. Kereta sempat berhenti di Stasiun Cirebon, Purwokerto, Kebumen serta Kutoarjo sebelum kesannya datang di tujuan utama, Yogyakarta.

Kamu tertarik mencoba? Saat ini rute KA Wisata Priority dengan tiket perorangan ialah Jakarta-Solo dan Jakarta-Yogyakarta, dengan jadwal dari Jakarta setiap Jumat malam dan kembali Minggu malam. Biaya tiketnya masih promo seharga Rp 750 ribu, dan harga normalnya sekitar Rp 900 ribu sekali jalan.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.