Jelang Tahun Baru, Bali Dikunjungi Puluhan Ribu Turis Per Hari

Posted on

Foto: Senja di Pantai Kuta (Ahmad Masaul/detikTravel)

Denpasar – Menjelang perayaan Tahun Baru, puluhan ribu turis per hari tiba di Bali. Kemacetan pun telah terjadi di sejumlah tempat wisata.

“Untuk data terakhir, ter-update memang terjadi lonjakan signifikan di H-3 tahun baru. Itu mencapai 63 ribu penumpang per hari dari 438 penerbangan di kedatangan dan keberangkatan, baik internasional maupun domestik,” kata Kepala Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim di kantornya, Jl Raya Airport, Badung, Bali, Sabtu (30/12/2017).

Data ini mengatakan kenaikan penumpang sebesar 19 persen untuk domestik dan 12 persen untuk internasional. Walau begitu, penerbangan domestik, khususnya dari dan ke Jakarta, Surabaya serta Yogyakarta, masih mendominasi.

“Menjelang malam Tahun Baru, lebih banyak didominasi domestik daripada internasional. Kita paham Bali menjadi destinasi wisata, sehingga diprediksi yang akan terus (terjadi lonjakan penumpang) berlanjut sampai 2 Januari 2018,” ujar Arie.

Kepala Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie AhsanurrohimKepala Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim (Prins David Saut/detikTravel)

Arie menjelaskan rata-rata jumlah penumpang dalam kondisi normal mencapai lebih dari 56 ribu orang per hari. Sehingga, lonjakan yang terjadi dalam pekan ini yakni kenaikan jumlah penumpang menurut kondisi normal, bukan semenjak acara Gunung Agung meningkat pada simpulan November 2017 lalu.

“Kalau peniadaan penerbangan itu tidak lebih dari 2 penerbangan, tapi alasannya yakni murni alasan operasional, bukan alasannya yakni Gunung Agung atau yang lainnya,” ucap Arie.

Sementara dari Terminal Internasional Bandara Ngurah Rai tercatat ribua. penumpang yang tiba dan berangkat didominasi dari Australia dan India. Sementara untuk penerbangan di keberangkatan maupun kedatangan internasional didominasi dari Australia dan Singapura.

“Internasional itu Australia sama Singapura dan India. Kalau China jumlah penumpangnya sangat banyak tapi jumlah penerbangannya tetap alasannya yakni beliau pakai pesawat berbadan lebar. Sampai 25 Desember 2017 kemarin, penumpang internasional masih didominasi Australia dan India,” ungkap Arie.

Sementara di Jl By Pass Ngurah Rai sekitar jalan masuk Jl Raya Airport sampai Jl Sunset Road terpantau sangat padat pada sore tadi. Kepadatan kendaraan yang didominasi roda empat juga terjadi di tempat Kuta, Jimbaran, Seminyak dan tempat wisata lainnya di Bali.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.