Jelang Lebaran, Walkot Yogya Imbau Pelaku Wisata Tak Aji Mumpung

Posted on

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (Usman Hadi /detikcom)

Yogyakarta – Wali Kota Yogyakarta himbau pelaku wisata tidak main harga selama Lebaran. Ini demi gambaran pariwisata Yogyakarta di mata masyarakat.

Wali Kota (Walkot) Yogyakarta, Haryadi Suyuti, meminta para pelaku wisata tidak aji mumpung dengan memanfaatkan momen libur Idulfitri untuk menaikkan harga sesukanya alias ‘nuthuk’. Pemkot Yogya tidak mentolerir praktik tersebut.

“Saya mohon semua pihak tidak aji mumpung, terutama aji mumpung dalam hal harga materi pokok jangan dinaik-naikkan tanpa alasan yang cukup,” ucap Haryadi usai Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Progo 2019 di Parkir Amongraga, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, Haryadi juga meminta administrasi hotel tidak menaikkan tarif menjelang libur Lebaran. Ia menilai tindakan menaikkan tarif seenaknya tak lebih dari praktik aji mumpung, yang pada ujungnya merusak gambaran Yogyakarta.

“Kemudian kawasan parkir jangan menaikkan tarif parkir di luar batas kewajaran. Kalau mau menaikkan harga tolong ditulis besar-besar, jadi masyarakat tidak merasa dipalak atau merasa ditutuk,” ujar Politikus Partai Golkar ini.

Terkait perkara parkir, lanjut Haryadi, pihaknya bersama Polresta dan Kodim 0734 Kota Yogyakarta telah melaksanakan koordinasi internal beberapa waktu lalu. Mereka bersepakat untuk memerangi praktik tarif parkir ‘nuthuk’.

Disinggung mengenai jenis hukuman yang akan diberikan Pemkot Yogyakarta ke juru parkir yang tetap membandel, Haryadi tak menjabarkan secara rinci. Hanya pihaknya memastikan pemerintah tidak mentolerir segala praktik curang.

“Jadi prilaku premanisme kecil-kecilan kami tidak tolerir, termasuk menjual informasi atau menyembunyikan informasi dikala ada orang sedang dalam perjalanan bertanya,” tutupnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.