Jangan Dirusak! Geopark Gunung Sewu Sudah Hidupkan Banyak Orang

Posted on

Geopark Gunung Sewu (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)

Gunungkidul – Pembangunan peternakan ayam di Geopark Gunung Sewu dikecam banyak pihak. Selain sanggup merusak alam, juga sanggup mematikan perekonomian masyarakat setempat.

Gunung Sewu merupakan daerah geopark di yang meliputi wilayah Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Jawa Timur dan sudah diakui UNESCO. Ditetapkan sebagai geopark nasional pada tahun 2013, kemudian naik tingkat statusnya menjadi Global Geopark Network alias geopark dunia oleh UNESCO di tahun 2015.

“Tiga pilar dalam konsep geopark yakni konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Semuanya harus bejalan selaras, pada dasarnya memanfaatkan alam di sana untuk kehidupan masyarakatnya tanpa harus mengubah apalagi menghancurkannya,” terang GM Geopark Gunung Sewu, Budi Martono kepada detikTravel, Selasa (11/9/2018).

BACA JUGA: Tanda Tanya Izin Perusahaan Peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu

Soal pemberdayaan masyarakat, sudah banyak destinasi wisata di Geopark Gunung Sewu yang menghidupkan masyarakat setempatnya. Ambil teladan di daerah Gunungkidul, beberapa destinasi wisatanya menyerupai Gua Jomblang, Gua Pindul, Kalisuci dan lain-lain.

“Dari destinasi wisata itulah, masyarakat sekitarnya sanggup hidup. Mereka punya sumber perekonomian, serta paling penting tidak merusak alamnya untuk dijadikan destinasi wisata,” tegas Budi.

Jangan Dirusak! Geopark Gunung Sewu Sudah Hidupkan Banyak OrangBanyak masyarakat yang menjadi pemandu gua sehabis diberikan training (Indra Wijaya/d’Traveler)

“Tahun 2012, jumlah kunjungan wisatawan baik dalam dan luar negeri ke Geopark Gunung Sewu di angka 2 juta. Terus meningkat hingga 5 juta kunjungan di tahun 2017 lalu. Itu sudah cukup sebagai bukti,” lanjutnya.

Bukan itu saja, dengan menjaga sungai-sungai bawah tanah di Geopark Gunung Sewu, masyarakat setempat sanggup menikmati air bersih. Budi berujar, masyarakat Gunungkidul benar-benar bergantung pada sumber air higienis dari sungai di bawah tanahnya.

“Sungai-sungai bawah tanah di Geopark Gunung Sewu itu buat wisata, buat minum dan buat kehidupan sehari-hari,” tutur Budi.

Jangan Dirusak! Geopark Gunung Sewu Sudah Hidupkan Banyak Orang

Pembangunan peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu

(Istimewa/Cahyo)

Namun kini, Geopark Gunung Sewu sedang terancam dengan pembangunan peternakan ayam dengan nama PT Widodo Makmur Unggas. Sebabnya, pembuangan limbahnya dialirkan ke dalam tanah yang mana nanti ujung-ujungnya akan mencapai sungai bawah tanah. Jika sudah begitu, maka semuanya akan tercemar.

“Mereka sudah membabat bukit-bukit karst untuk dijadikan lahan rata, kemudian nanti limbahnya dibuang ke sungai bawah tanah. Rusak sudah semuanya, rusak wisatanya dan rusak kehidupan masyarakatnya,” geram Budi.

BACA JUGA: Bisakah Limbah Peternakan Ayam Merusak Geopark Gunung Sewu?


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.