Jadi Host Hari Internasional Yoga, Prambanan Dapat Tarik Turis India

Posted on

Duta Besar Republik India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat (Foto: Kemenpar)

Sleman – Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, akan menjadi tuan rumah Hari Internasional Yoga ke-5, yang akan berlangsung pada 22-23 Juni 2019. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pun turut menunjukkan pinjaman untuk event tersebut.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya, Hari Yoga mempunyai nilai penting, khususnya dalam meningkatkan korelasi antara Indonesia dan India. Sebab, kedua negara ini mempunyai kesamaan dalam berbagi budaya olah badan yoga.

Nia menjelaskan, yoga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman), khususnya dari India untuk tiba ke Indonesia. Khususnya, ke Candi Prambanan-Yogyakarta dan Bali. Sebab, kedua destinasi tersebut sangat favorit untuk ekspo yoga.

“Bali paling digemari masyarakat India untuk melaksanakan acara yoga. Selain itu, juga di Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta paling disukai untuk ekspo yoga,” kata Nia dalam keterangan tertulis, Rabu (19/6/2019).

Nia berharap penyelenggaraan Hari Internasional Yoga di Candi Prambanan sanggup meningkatkan kunjungan wisman India ke Indonesia. Terlebih, kunjungan wisman ke Indonesia sangat positif. Pada April 2019 lalu, sebanyak 48.700 wisman tiba ke Indonesia. Jumlah tersebut tumbuh 1,4% dibandingkan April tahun 2018.


Sementara pada tahun 2018, jumlah kunjungan wisman India ke Indonesia mencapai 595.050 wisman. Atau, tumbuh sekitar 9,77% dibandingkan tahun 2017.

Asdep Pemasaran II Regional III Kemenpar Sigit Witjaksono menyampaikan untuk mendukung kegiatan 5th International Day of Yoga di Prambanan, Kemenpar menyelenggarakan kegiatan famtrip. Kegiatan ini akan mengundang dua wartawan dari Asian News Internasional dan perwakilan Vito New Delhi.

“Mereka akan kita ajak mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Famtrip akan kita gelar pada 18-19 Juni 2019. Melalui famtrip, kita akan mempromosikan daya tarik pariwisata Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab, daerah ini menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi buat wisatawan India,” paparnya.

Sementara Duta Besar Republik India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat, menyampaikan kegiatan ini akan mempererat korelasi Indonesia dan India.

“Penyelenggaraan 5th International Day of Yoga tahun ini, mempunyai arti sangat penting dalam meningkatkan korelasi India-Indonesia. Tahun ini korelasi diplomatik India-Indonesia memasuki tahun ke-70. Sementara kegiatan Yoga, selain meningkatkan kesehatan badan dan pikiran, juga mendukung kegiatan pariwisata,” ujar Pradeep.

Sebagai informasi, Hari Yoga Internasional diinisiasi oleh Perdana Menteri India ketika itu yaitu Narendra Modi yang juga seorang praktisi aktif yoga. Ia berjuang semoga yoga diakui sebagai warisan dunia. Pada 11 Desember 2014, India berhasil menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional dengan mengajukan resolusi kepada Majelis Umum PBB. Untuk mengesahkan resolusi tersebut, Indonesia menunjukkan pinjaman dengan menunjukkan bunyi sebagai pecahan dari 177 negara anggota.


Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Indonesia sudah berpengalaman menggelar event yoga kelas dunia. Buktinya, pada penyelenggaraan ekspo Hari Yoga Internasional ke-4 tahun 2018, Indonesia menggelarnya di 7 kota besar sekaligus. Yakni di Malang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan.

“Tahun lalu, lebih dari 10 ribu penerima mengikuti aneka macam sesi yoga yang diperagakan para guru dari India. Ini menunjukan jikalau Indonesia sangat mumpuni untuk menggelar event yoga kelas dunia. Apalagi Indonesia didukung alam yang menciptakan acara menjadi sangat menyenangkan,” papar Arief.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.