Itinerary Liburan 3 Hari Di Joglosemar

Posted on

Foto: Ilustrasi wisata di Semarang (@aaq/Twitter)

Semarang – Bosan dengan suasana kota yang hiruk pikuk? Weekend ini coba liburan ke Joglosemar. LIburan 3 hari, ini itinerarynya.

Joglosemar atau Yogyakarta, Solo, dan Semarang ialah kota-kota yang berdekatan di tengah Jawa. Untuk menikmati 3 daerah ini pun tak butuh waktu yang lama. Hanya dalam waktu 3 hari, kau pun sanggup liburan di Joglosemar.

Waktu terbaik untuk liburan singkat di Joglosemar ialah simpulan pekan. Kamu sanggup mulai perjalanan di hari Jumat pagi. Dihimpun detiktrave, Kamis (26/10/2017) berikut ialah caranya:

Hari pertama: Semarang

Itinerary Liburan 3 Hari di JoglosemarFoto: (Bonauli/detikTravel)

Saat pertama tiba di Semarang, Kota Lama ialah tempat pertama yang harus kau datangi. Tempat ini menjadi daerah yang penuh dengan nilai sejarah. Kamu akan melihat bangunan-bangunan dengan arsitektur tempo dulu.

Mulai dari pabrik rokok lokal Prao Lajar, Stasiun Tawang, Gereja Blenduk yang punya piono berpipa, Taman Sri Gunting, Rumah akar hingga museum 3D. Semua sanggup berada dalam satu kawasan. Nuansanya seakan-akan dengan Kota Tua di Jakarta.

Saat siang hari ialah waktu yang sempurna untuk menjelajahi Lawang sewu. Tiket masuknya seharga Rp 10.000 per orang. Di dalam sana kau sanggup menjelajahi seisi gedung yang pernah jadi kantor stasiun tersebut. Di samping gedung juga terdapat kepala kereta lokomotif yang jadi ikon Lawang Sewu.

Dari situ, kau sanggup eksklusif menuju jalan Pandanaran yang jadi sentra buah tangan Kota Semarang. Kamu akan dengan gampang menemukan bandeng presto, wingko, lumpia hingga tahu bakso yang jadi kuliner khas Semarang.

Semarang memang kota kecil. Tapi Semarang juga punya Gunung Ungaran. Di kaki bukitnya ada daerah wisata berjulukan Umbul Sidomukti di daerah Bandungan. Kamu sanggup menikmati hawa sejuk gunung sambil berekreasi di sini.

Berbagai permainan pun disediakan. Buat kau yang suka adventure, ada flying fox hingga kolam pemandian air gunung yang harus kau coba. Pemandangan Kota Semarang dan Gunung Ungaran akan menciptakan kau lupa soal kota sejenak.

Selesai dengan aktivitas alam, saatnya kau beristirahat di daerah Bandungan. Udaranya yang cuek serta pemandangan lampu kota dari ketinggian. Cantik banget!

Hari kedua: Solo

Balai Kota SoloBalai Kota Solo (Muchus Budi R/detikcom)

Hari kedua saatnya kau pindah ke Kota Solo. Hanya sekitar 2,5 jam dari Semarang, kau sudah sanggup menikmati udara sejuk dari Solo. Kamu sanggup pindah dengan memakai kendaraan beroda empat pribadi atau jasa travel. Apa saja yang sanggup kau jelajahi?

Kamu sanggup mulai dari Kampung Batik Kauman yang legendaris. Kamu sanggup bebas menentukan jenis atau motif batik yang kau suka. Karena kampung ini punya sekitar 67 toko batik yang berjajar rapi.

Tak puas hanya belanja batik. Kamu sanggup ikut workshop perihal batik. Di sini kau sanggup berguru bagaimana cara menciptakan batik dari awal pemilihan kain, melukis hingga jadilah batik.

Rasanya kau belum ke Solo jikalau tak merasakan kuliner favoritnya. Ada Tengkleng Pak Manto yang super enak!

Malam mingguan di Kota Solo ada apa? Lupakan mall! Saatnya kau main ke pasar malam Ngarsopuro! Pasar malam ini berada di Jalan Diponegoro, Kota Surakarta.

Layaknya pasar malam, kau akan menemukan jajaran gerai stand kerajinan tangan Kota Solo hingga mainan anak. Tempat ini mulai buka pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

Hari ketiga: Yogyakarta

Itinerary Liburan 3 Hari di JoglosemarFoto: Bagus Kurniawan/detikom

Yogyakarta jadi kota terakhir yang kau kunjungi. Jarak Solo ke Yogyakarta sendiri cukup memakan waktu yaitu sekitar 2 jam. Kamu sanggup berangkat pagi-pagi dengan menyewa kendaraan beroda empat atau dengan memakai jasa travel.

Sebelum hingga di Yogyakarta, ada baiknya kau mengunjungi Borobudur di Kota Magelang. Tenang saja, kota ini menjadi pintu masuk untuk hingga ke Yogyakarta.

Suasana pagi hari di Borobudur sangat direkomendasikan. Sejuk dan asri, kau akan juga sanggup berkeliling sambil memperabukan kalori tanpa kau sadari. Hunting foto di pagi hari juga jadi aktivitas favorit turis-turis gila yang sanggup kau lakukan.

Setelah hingga di Kota Yagyakarta, hal pertama yang harus kau coba ialah mampir ke Tamansari. Mulai dari pemadian putri di Taman sari, hingga menjajall mitos pohon di tengah Tamansari.

Dari sore hingga malam sanggup kau habiskan di daerah Malioboro. Kawasan ini sudah populer sebagai tempat nongkrong, sentra buah tangan hingga tempat untuk menikmati budaya Yogyakarta. Semua tersaji lengkap di Malioboro.

Jaid tunggu apa lagi? Yuk liburan ke Joglosemar!


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.