Inti Dari Desa Wisata Yaitu Manusianya

Posted on

Pertunjukan budaya di Desa Nglinggo, Kulonprogo (Shinta Angriyana/detikTravel)

Jakarta – Yang namanya desa wisata, niscaya menunjukkan pengalaman unik buat wisatawan. Ada satu hal penting pada desa wisata, yakni sumber daya manusianya.

“SDM (Sumber Daya Manusia) itu jadi key point suatu desa wisata,” kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Pedesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata, Vitria Ariani kepada detikTravel baru-baru ini di Lantai 12 Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Wanita yang bersahabat disapa Ria ini menjelaskan, jikalau 3 modal utama membangun desa wisata sudah terpenuhi yaitu alam, budaya dan kreatif maka selanjutnya yaitu soal insan di desanya. Mereka harus mencar ilmu dan memahami artinya hospitality alias perilaku keramahtamahan.

“SDM bukan hanya skill, tapi hospitality yaitu hal yang penting. Bagaimana mereka melayani pengunjung, mereka mengatakan senyum dan mereka tahu cara menciptakan pengunjung nyaman selama berada di desanya. Mereka tahu ‘how to do’,” kata perempuan wanita yang juga pendiri Binus University Cultural and Tourism Research.

BACA JUGA: Bagaimana Membangun Desa Wisata?

Selain itu, ada baiknya penduduk-penduduk desa tersebut mengubah paradigma. Turis atau pengunjung yang tiba benar-benar harus dilayani sepenuh hati. Sebab, mereka juga tiba membawa uang sebagai pemasukan penduduk desanya.

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Pedesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata, Vitria ArianiKetua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Pedesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata, Vitria Ariani (dok Istimewa)

“Kayak di Pulau Jawa ada prinsip tamu yaitu raja. Maka itu, penduduk-penduduk desa harus terbuka sama pengunjung,” tegas Ria.

Bagaimana soal standarisasi untuk desa wisata?

“Sebenarnya standarisasi wisata di desa tidak dapat disamakan dengan wisata di kota. Yang terpenting soal SDM, hospitality mereka sudah baik. Untuk kebersihan juga harus diperhatikan, khususnya turis absurd sangat peduli terhadap hal tersebut,” jawab Ria.

“Potensi wisata desa di Indonesia sangat banyak, di luar Pulau Jawa itu banyak sekali,” tutupnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.