Ini Impian Menpar Untuk Dieng Culture Ekspo Selanjutnya

Posted on

Dieng Culture Festival 2018 (Dok. Kemenpar)

Wonosobo – Acara Dieng Culture Festival ke-9 telah sukses digelar pada 3-5 Agustus 2018. Atas terselenggaranya event tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya memperlihatkan apresiasi. Ia juga mengungkap harapannya biar pelaksanaan berikutnya dapat lebih dikenal.

“Harapan selanjutnya sesudah content-nya sudah oke, communication sudah oke, tinggal C yang ketiga ialah commercial. Aspek Commercial pun berarti sudah mengokohkan Dieng sebagai destinasi utama Indonesia,” ujar Areif dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/8/2018).

Malam puncak Dieng Culture Festival 2018 sendiri dimeriahkan oleh sekitar 5 ribu lampion yang diterbangkan ke angkasa. Di lokasi, suhu hambar yang mencapai di bawah 10 derajat Celcius tak menyurutkan minat wisatawan dan masyarakat untuk menyaksikan di pelataran Candi Arjuna. Sambil menyulut api untuk menerbangkan lampion, ribuan wisatawan tanpa dikomando menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Turut hadir pada malam puncak tersebut ialah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan istrinya, serta Bupati Banjarnegara Budi Sarwono. Mereka terlihat menerbangkan lampion dari atas panggung acara.


“Malam ini Dieng indah, penuh dengan lampion. Warna-warni lampion dam dinginnya Dieng diperlukan dapat meredakan suhu politik menjelang Pilpres 2019,” kata Ganjar ketika itu.

Ia pun mendorong biar pelaksanaan Dieng Culture Festival selanjutnya dapat memperlihatkan imbas perekonomian bagi masyarakat setempat.

“Banyak wisatawan yang tiba bahkan hingga 2 hingga 3 kali. Mereka sudah menikmati jazz di atas awan semalam. Acara ini selalu menarik dan orang selalu menunggu-menunggu. Kami akan dorong terus pariwisata sebagai potensi ekonomi baru,” ujarnya.

Kesukseskan Dieng Culture Festival ke-9 dikatakan dapat memperlihatkan impact pribadi terhadap perekonomian sekitarnya. Masyarakat diperlukan dapat lebih baik dalam memperlihatkan hospitality terhadap wisatawan baik wisatawan mancanegara ataupun nusantara.


“Kekayaan sopan santun dan budaya tempat ini tentunya akan memperkaya keragaman sopan santun dan budaya nasional perlu untuk dilestarikan,” ujar Ketua Pelaksana Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti, yang diwakili Koordinator Tim CoE Ngurah Putra.

Penerbangan ribuan lampion dilakukan serentak usai pentas musik bertajuk Senandung Negeri di Atas Awan. Pentas musik ini menampilkan beberapa grup band lokal dengan bintang tamu penyanyi Hiroaki Kato dari Jepang dan Noe vokalis band Letto.

Letto membawakan lagu andalannya menyerupai Sebelum Cahaya, Sandaran Hati, hingga Ruang Rindu. Selain itu ada juga band Asal Yogyakarta, The Rain yang membawakan lagu Terlatih Patah Hati.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.