Ini Hukum Peraturan Daerah Soal Peternakan Yang Jadi Polemik Di Gunung Sewu

Posted on

Foto: Perda RTRW Gunungkidul (dok Pemkab Gunungkidul)

Jakarta – Pembangunan peternakan ayam di daerah wisata Geopark Gunung Sewu jadi pro dan kontra. Pemkab Gunungkidul bilang tidak masalah. Aturannya ibarat apa?

Polemik peternakan ayam di daerah Geopark Gunung Sewu di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul jadi perbincangan para traveler dan pegiat lingkungan. Bagaimana dapat di daerah geopark resmi UNESCO dibangun sebuah peternakan ayam.

Lokasi peternakan ini bersahabat dengan objek wisata Kalisuci dan Gua Jomblang. Namun Bupati Gunungkidul Badingah menyampaikan peternakan ayam PT Widodo Makmur Unggas tidak menyalahi Perda RTRW, hanya saja IMB dan Amdal belum diurus.

detikTravel pun, Jumat (14/9/2018) secara daring dari situs BPK Provinsi DI Yogyakarta mendapat salinan Perda Kabupaten Gunungkidul No 6/2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gunungkidul Tahun 2010-2030. Ada banyak fakta menarik di sana.

Peternakan ayam di daerah Geopark Gunung Sewu (Cahyo/Istimewa)Peternakan ayam di daerah Geopark Gunung Sewu (Cahyo/Istimewa)

Pasal 29 aksara b menyebutkan daerah karst Gunungkidul ditetapkan seluas 80.704 hektar mencakup Kecamatan Ponjong, Semanu, Girisubo, Rongkop dan Tepus. Sebagai informasi, Kecamatan Semanu di Gunungkidul terdiri dari 5 desa ialah Semanu, Ngeposari, Pacarejo, Candirejo, Dadapayu.

Dalam Pasal 31 aksara c dan aksara e Semanu juga menjadi daerah suaka margasatwa kelelawar dan tanaman fauna khas gua karst dan juga situs megalitik Semanu Kidul. Kemudian dalam Pasal 33 aksara b nomor 6 ada penetapan daerah lindung geologi ialah daerah Kalisuci di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Artinya, peternakan ayam yang jadi polemik ini memang bersahabat dengan objek wisata Kalisuci. Lantas apakah boleh ada peternakan di daerah tersebut?

Ternyata boleh. Dalam Pasal 37 ayat (5) aksara a,b dan d dijelaskan adanya daerah peternakan di Kecamatan Semanu mencakup peternakan sapi potong, penggemukan sapi potong dan kambing dan peternakan unggas. Dalam Perda tidak dijelaskan di daerah desa sebelah mana peternakan ini boleh dibangun, hanya disebutkan Kecamatan Semanu.

Geopark Gunung Sewu jangan hingga rusak (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)Geopark Gunung Sewu jangan hingga rusak (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)

Dalam Pasal 41 ayat (3) juga dijelaskan Kecamatan Semanu juga punya daerah wisata ialah Desa Wisata Dusun Mojo, Desa Ngeposari dan Desa Budaya Semanu. Sedangkan ayat (5) aksara a menegaskan ada daerah minat khusus segmen karst Kalisuci di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu sebagai daerah eko wisata.

Masalahnya, Perda ini dibentuk tahun 2011. Dari hukum Perda, kita dapat melihat bahwa fungsi lahan untuk konservasi, wisata dan ekonomi tumpang tindih di Kecamatan Semanu. Tidak terang mana yang jadi prioritas pemkab.

Sedangkan dokumen yang diperoleh detikTravel, Perda Pembentukan Pengelola Gunung Sewu UNESCO Global Geopark gres disahkan 24 Mei tahun 2017 lewat Perda No 24/2017, alias 6 tahun kemudian. Apakah tidak ada adaptasi yang lebih pro lingkungan?


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.