Indonesia Punya 40 Geopark, Tapi Gres 2 Yang Diakui Dunia

Posted on
Riffa Transport CV Riffa Transport bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.

(Afif/detikTravel)

Jakarta – Diberkahi bentang alam yang indah, Indonesia setidaknya punya 40 geopark. Namun sejauh ini, hanya gres 2 yang diakui dunia. Kenapa?

“Sekarang namanya UNESCO Global Geopark (UGG), dan dari Indonesia gres 2 yang masuk daftarnya adalah Geopark Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali dan Geopark Gunung Sewu di DI Yogyakarta-Jawa Tengah-Jawa Timur,” ujar Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman dalam program ‘Seminar Nasional Geopark untuk Pariwisata Nasional’ di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Menurut Dadang, Indonesia sebetulnya punya banyak bentangan alam yang dinilai layak menjadi geopark dunia. Sebelumnya ia menjelaskan, geopark merupakan salah satu cara untuk mengemas wisata alam secara baik dan tepat.

“Intinya menjaga suatu tempat dengan konservasi, edukasi dan menyejahterakan masyarakat di sekitarnya. Geopark ini eco-tourism bukan mass toursim,” terangnya.

Dalam seminar tersebut dijelaskan terdapat 40 geoheritage di Indonesia yang potensinya belum dikelola secara optimal untuk menjadi geopark. 40 Tempat itu pun tersebar di Nusantara.

Rinciannya terdapat 12 di Sumatera, 10 di Jawa, 6 di Bali-Nusa Tenggara, 3 di Kalimantan, 4 di Sulawesi dan 5 di Maluku-Papua. Selain yang sudah menjadi geopark dunia, terdapat pula 4 Geopark Nasional.

“Geopark Nasional itu di bawah Pemerintah Daerah dan Kemenhut. Geopark yang sudah bertaraf nasional di Indonesia adalah Geopark Kaldera Danau Toba di Sumatera Utara, Geopark Merangin di Jambi, Geopark Ciletuh dan Geopark Rinjani. Khusus Rinjani, tampaknya tahun ini diakui UNESCO,” papar Dadang.

Lewat seminar ini, pihak Kemenpar berharap akan menerima masukan dan evaluasi dari para mahir mengenai geopark-geopark di Indonesia yang sanggup menjadi paket wisata alam untuk wisatawan. Kemenpar pun siap membantu mempromosikannya.


Sumber detik.com

Tim Terbaik Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda. Riffa Transport memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.