Ide Liburan Long Weekend Natal: Museum Ullen Sentalu

Posted on

Museum Ullen Sentalu di Sleman (Shinta/detikTravel)

Sleman – Mau kemana dikala liburan long weekend Natal nanti? Ayo ke Sleman, di sana ada Museum Ullen Sentalu yang wajib kau kunjungi.

Kaki Gunung Merapi banyak mempunyai banyak sekali spot-spot wisata menarik. Museum Ullen Sentalu salah satunya, letaknya berada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, DI Yogyakarta.

Museum budaya ini terbilang unik. Dikelola oleh keluarga Haryono, seorang ningrat Yogyakarta yang kental dengan budaya Jawa. Museum Ullen Sentalu menunjukkan pengalaman tur museum yang berbeda.

Setiap orang akan digabung menjadi sebuah kelompok dan dipandu berkeliling serta melihat pribadi banyak sekali sejarah dan budaya Jawa. detikTravel berkunjung ke museum ini pekan lalu.

Dari luar, Ullen Sentalu terlihat menyerupai sebuah galeri seni. Dengan lantai aspal dan tembok putih, serta beberapa lukisan dan topeng yang dipamerkan di bab depan museum.

Nama Ullen Sentalu merupakan sebuah akronim dari bahasa Jawa yaitu ‘Ulating Blencong Sejatine Tatarane Lumaku’, artinya ialah nyala lampu blencong, merupakan petunjuk insan dalam melangkah dan meniti kehidupan.

Ketika sudah memasuki wilayah dalamnya, traveler akan merasa menyerupai di hutan. Menyusuri gua-gua buatan, yang bahwasanya ialah banyak sekali macam koleksi dan lukisan dari tokoh-tokoh bersejarah Jawa.

Sebut saja sultan-sultan Yogya dan Solo, beserta para keturunannya. Sang pemandu juga akan menjelaskan sejarah detail, dari mulai lahir hingga tutup usia. Semuanya dikemas menarik, terasa menyerupai balik ke masa lampau.

Suasananya sejuk nan nyaman (Shinta/detikTravel)


Pernak-pernik tradisi Jawa juga dijelaskan di sini. Misalnya, baju susila kesepakatan nikah ‘Dodot’. Tahu tidak, bahwa menggunakan Dodot itu tidak boleh dijahit, serta makna paes ageng yang digunakan mempelai wanita? Nah, semuanya akan dijelaskan di sini.

Selain itu, ada juga banyak sekali batik dengan banyak sekali motif dan makna. Sang pemandu juga akan menjelaskan, mana batik yang bahwasanya pantas untuk program formal, informal hingga yang digunakan untuk membungkus mayat.

Di simpulan tur, para penerima akan diajak ke sebuah lapangan dengan sebuah tembok yang punya relief unik. Bentuknya punya makna, yakni perihal kaum muda yang dikala ini kurang peduli dan sedikit minat untuk pergi ke museum, sehingga gesekan ini terbentuk dengan posisi miring.

Relief yang punya makna perihal anak muda zaman kini (Shinta/detikTravel)


Kemudian, para penerima juga diberikan sebuah minuman khas Museum Ullen Sentalu. Minuman ini merupakan racikan yang terbuat dari kayu manis, asam jawa dan beberapa rempah diam-diam dari Ullen Sentalu.

Traveler dihentikan mengambil gambar selama di dalam museum. Hanya di bab depan dan lapangan luas dengan relief saja yang sanggup dijadikan kawasan berfoto.

Untuk sanggup memasuki Museum Ullen Sentalu, traveler harus membayar Rp 40 ribu. Di sini, juga ada terdapat kafe yang menunjukkan banyak sekali macam masakan dan minuman. Suasananya pun tenang, sejuk dan damai. Cocok untuk bersantai di kala liburan long weekend Natal nanti.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.