Gkr Hayu Dan Wisata Keraton Yogya Yang Goes Digital

Posted on

GKR Hayu (Muhammad Ridho/detikFoto)

Jakarta – Keraton Yogyakarta mulai menjajaki pariwisata digital. Media sosial dan jejaring maya akan makin berperan mengenalkan keraton kepada wisatawan.

Hal ini diungkapkan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu, putri keempat Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas dari Keraton Yogyakarta. GKR Hayu yakni seorang pakar IT yang mengenyam kuliah di Inggris dan Amerika Serikat dan sekarang mengepalai divisi digital Keraton Yogyakarta, Tepas Tandha Yekti.

“Tepas Tandha Yekti dibuat 2012, sebagai divisi yang tanggung jawabnya mengembangkan IT roadmap Keraton. Selain itu juga mendokumentasikan aneka macam kegiatan Keraton dan mendigitalkannya,” dongeng ia saat berkunjung ke kantor detikcom.

Divisi ini pula punya peluang besar untuk mempromosikan wisata budaya Keraton Yogyakarta. Promosi ini bukan ibarat tipikal promosi yang konvensional, tapi memanfaatkan dunia maya yang lebih kekinian untuk dilakukan.

BACA JUGA: Mudik ke DI Yogyakarta, Bisa Nonton Festival of Lights Kaliurang

Target pertamanya yakni event budaya yang digelar Keraton Yogyakarta. GKR Hayu ingin biar informasinya lebih tersebar luas untuk wisatawan supaya dapat ikut tiba menonton.

“Kita mencoba untuk event-event yang dihadiri publik itu dapat diworo-woro, diumumkan beberapa hari sebelumnya,” kata dia.

GKR Hayu mencontohkan upacara Grebeg yang diadakan beberapa kali oleh Keraton Yogyakarta yakni event wisata budaya yang menjadi rebutan tontonan warga dan wisatawan. Akan lebih seru lagi kalau wisatawan tahu informasinya jauh-jauh hari.

“Misinya Tepas Tanda Yekti itu lebih ke edukasi budayanya. Selain kita pasang woro-woronya kita ada perjuangan liputan dan live streamingnya. Yang terang bagaimana caranya, kan tak kenal maka tak sayang,” kata dia.

Dengan memanfaatkan media umum Keraton Yogyakarta akan semaksimal mungkin membuatkan informasi ke netizen wisatawan. Termasuk informasi wisata seputar keraton yang sifatnya bukan event.

“Misalnya pohon-pohon di keraton itu semua ada maknanya ada filosofinya. Kaprikornus semoga ke depan jikalau tiba ke keraton, mereka bukan hanya melihat bangunan. O ternyata pohon yang ini dan ini ada artinya,” ujar GKR Hayu.

Seperti apa serunya ngobrol bareng putri sultan ini, ayo tonton dulu videonya:


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.