Geopark, Destinasi Wisata Alam Yang Mencerdaskan

Posted on
Riffa Transport CV Riffa Transport bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.

Danau Toba (Afif/detikTravel)

Jakarta – Suatu daerah yang punya label geopark, tak hanya menjadikannya destinasi wisata alam. Wisatawan yang tiba pun akan menerima ilmu dan wawasan pengetahuan alam.

“Di Batur contohnya yang sudah menjadi UNESCO Global Geopark (UGG), itu ada semacam etalase. Tempat wisatawan untuk menerima gosip lebih banyak perihal Batur,” ujar Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman pada awak media di sela-sela program ‘Seminar Nasional Geopark untuk Pariwisata Nasional’ di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Dalam program yang diprakasai oleh alumni ITB Angkatan 1981 itu, para hebat geologi pun berkumpul untuk menyusun dan menentukan geopark-geopark di Indonesia yang cocok untuk menjadi destinasi wisata alam. Kemudian hasilnya, akan diserahkan kepada Kementerian Pariwisata untuk lalu dipromosikan.

Kembali ke Dadang, dirinya berujar bahwa beberapa geopark di Indonesia sudah mempunyai museum. Tak ayal, tujuan dari konsep geopark sendiri yakni memperlihatkan edukasi kepada pengunjung.

“Dalam geopark, komponennya ada sarana pendidikan dan ilmu pengetahuan yang jadi daya tarik wisata. Kita dari Kemenpar akan membantu membangun information center,” jelasnya.

Jadi kalau jalan-jalan ke suatu geopark, kita tidak hanya mengagumi alamnya yang indah. Namun juga, mengetahui bentangan alam, konservasi, budaya hingga sejarah tempat tersebut.

Sejauh ini, sudah terdapat 40 tempat di Indonesia yang punya potensi untuk menjadi geopark. Sementara itu, sudah ada 4 Geopark Nasional yakni Geopark Kaldera Danau Toba di Sumatera Utara, Geopark Merangin di Jambi, Geopark Ciletuh dan Geopark Rinjani. Baru ada 2 geopark yang diakui UNESCO yaitu Geopark Batur di Kintamani, Kabupaten Banglu, Bali dan Geopark Gunung Sewu di DI Yogyakarta-Jawa Tengah-Jawa Timur.


Sumber detik.com

Tim Terbaik Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda. Riffa Transport memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.