Genpi Jogja Siap Ramaikan Media Umum Dengan Pariwisata Yogyakarta

Posted on


YogyakartaGenerasi Pesona Indonesia (GenPI) makin melebarkan sayapnya demi memajukan pariwisata Indonesia. Giliran GenPI Yogyakarta yang diresmikan dengan nama GenPI Jogja.

Sekitar 50 orang dari komunitas netizen Yogyakarta di antaranya @jogjaupdate @travellerkaskus @malamuseum @kulinerjogja @jogjainfo siap mempromosikan program dan destinasi wisata di Yogyakarta secara masif.

“Para bloger maupun content production selama ini sudah berkolaborasi. Semoga ke depan makin meningkat kerja samanya,” ujar Kordinator GenPI Jogja, Eko Nuryanto dikala meresmikan GenPI Jogja, Rabu (24/5/2017).

Acara pelantikan GenPI Jogja turut dihadiri oleh Ketua Dinas Pariwisata Daerah spesial Yogyakarta (DIY) Aris Riyanta dan Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi, Don Kardono.

Beberapa perwakilan GenPI yang sebelumnya telah terbentuk juga turut hadir. Antara lain GenPI Aceh, GenPI Sumbar, GenPI Sumsel, GenPI Jabar, GenPI Lombok, dan GenPI Maluku.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengaku senang berada di tengah bawah umur muda yang mempunyai semangat mendukung pariwisata Yogyakarta. Menurutnya, komunitas dunia maya sangat penting dalam mempromosikan destinasi wisata.

“Kalianlah yang dapat mengenalkannya kepada seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia,” tegas Aris.

Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi, Don Kardono menjelaskan bahwa GenPI merupakan komunitas yang bersifat sosial atau volunter. Maka harus diaktivasi dengan program semoga terus aktif. Bisa melihat calendar of events, destinasi wisata, maupun kebijakan kepariwisataan yang ada.

“Misalnya membuat event di Kalibiru atau di Pantai Timang Gunungkidul. Lomba fotonya di Instagram, lomba video di Youtube, dan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, GenPI niscaya dapat lebih kreatif dalam mencari tema-tema unik dan kekinian. GenPI niscaya pandai menciptakan netizen ingin tau dan mencari tahu info seputar cuitan yang akan diviralkan di dunia maya. “Yang penting no hoax, no SARA, dan no politics,” tegas Don.

Don juga berterima kasih dan terus mendukung acara GenPI yang semakin meluas di media sosial. “Hampir setiap hari di semua channel media umum semakin penuh dengan foto, video, grafis, slide show, ihwal pariwisata. Perbincangan seputar destinasi, events, festival, dan semua kebijakan kepariwisataan semakin seru dan menarik,” kata Don.

Aktivis di dunia maya yang tergabung di GenPI terbukti jago dalam menciptakan trending topic. Dalam beberapa jam dikala peresmian, #genpijogjaistimewa berhasil menjadi trending topic. Bahkan sampai pukul 22.00 WIB, Omah Kecebong yang menjadi tempat pelantikan pun ikut terdongkrak posisinya dalam trending topic.

Usai acara, pelopor GenPI Jogja bersama perwakilan GenPI kawasan melaksanakan koordinasi yang dipandu Kabid Komunikasi Media Online Deputi BP3N Kemenpar, Titus Haridjati. Ia menegaskan bahwa Kemenpar dapat memfasilitasi komunitas GenPI.

“Misalnya GenPI mau mengadakan lomba foto pada satu destinasi pariwisata, dapat saja berkoordinasi dengan kami soal hadiahnya,” paparnya.

Para pelopor GenPi juga berkordinasi untuk pembuatan TAGAR yang dapat dipakai bersama. Terutama tagar yang berkaitan dengan kepariwisataan. Tujuannya semoga tagar yang dibentuk dapat cepat menjadi trending topic dan mengangkat acara pariwisata, destinasi wisata, atau kebijakan kepariwisataan yang sedang berlangsung.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.