Destinasi Yang Paling Disukai Traveler Naik Kereta Adalah…

Posted on

Ilustrasi gerbong kereta api (Dok. PT Kereta Api Pariwisata (Indorailtour))

Jakarta – Moda transportasi kereta yang semakin baik menjadi rebutan traveler dikala hari libur tiba. Anda niscaya mencicipi susahnya mencari tiket dikala menjelang weekend atau hari libur.

Jogja atau Yogyakarta tujuan utama traveler menghabiskan liburan di Pulau Jawa. Kota Gudeg dan sekitarnya menjadi unggulan dengan selalu habisnya tiket ketika ada kereta tambahan.

“Destinasi wisata yang paling favorit didatangi wisatawan dengan naik kereta api ke Jogja. Itu yang paling banyak,” Corporate Deputy Director of Passenger Transport,
Mukti Jauhari di Jakarta Railway Center, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

“Setelah ada pelengkap KA, kota menyerupai Purwokerto dan ke arah timur juga semakin ramai. Di posisi berikutnya ada ke Bandung kemudian Malang dan disusul ke Surabaya,” imbuh dia.

Tren traveling memakai Moda kereta api di tiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu disebabkan pula oleh beberapa faktor pendukung, menyerupai padatnya jalan raya dikala ini.

“Tren angkutan penumpang dari 2016 naik 10 persen. Di 2017 tambah 15 persen hingga bulan ini. Mungkin lantaran adanya pelengkap kereta dan demam isu masyarakat lebih tingi. Di tahun ini sudah terhitung 72 juta tahun penumpang dengan total penumpang tahun kemudian sekitar 69 hampir 70 juta,” terang Mukti.

Mukti menyampaikan bahwa pihaknya memiliki keunggulan waktu tempuh di samping moda lainnya. Contohnya, ada keterkaitan antara okupansi kereta meningkat dengan waktu tempuh yang lebih usang terjadi di jalur kendaraan beroda empat Jakarta-Bandung.

“Tingkat okupansi dipengaruhi waktu tempuh Jakarta-Bandung dikala ini memakai kendaraan beroda empat selama 5 jam. Maka KAI ambil celah dengan menambah gerbong dan meningkatkan frekuensi sehingga memungkinkan diraihnya market baru,” ujar Mukti.

Nantinya sejumlah 20 perjalanan kereta Jakarta-Bandung akan ditambah menjadi 28 perjalanan. Namun, dikala ini hanya ditambah rangkaian saja yang diperpanjang dari 10 ke 12 gerbong.

“Pada hari-hari tertentu menyerupai Senin pagi ada pelengkap KA. Saat ini weekend ada 22-24 perjalanan dan di weekday ada 20. Minggu depan mulai dicoba 28 perjalanan lantaran setiap jam penuh yang mengangkat orang kerja,” terang dia.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.