Desa Wisata Nglinggo, Satu Lagi Yang Seru Di Yogyakarta

Posted on

Foto: Desa Nglinggo di Kulonprogo (Shinta Angriyana/detikTravel)

Kulonprogo – Traveler yang suka berwisata dengan banyak sekali atraksi, cobalah ke Desa Nglinggo di Kulonprogo, DI Yogyakarta. Banyak kegiatan seru di sana!

Desa Nglinggo terletak di Samigaluh, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, jaraknya sanggup ditempuh sekitar 70-90 menit, untuk mencapai ke sini.

Beberapa waktu ini, desa wisata menjadi destinasi yang diincar oleh turis lokal maupun mancanegara. Ini sebab banyak atraksi wisata yang ditawarkan. Mulai dari alam, budaya hingga acara seru sanggup ditemukan di desa wisata, termasuk Desa Nglinggo. detikTravel pun menyambangi desa ini pada simpulan pekan kemarin.

Mulai dari wisata alam, terdapat kebun teh yang berada di sekitarnya. Masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani juga mengandalkan pendapatannya dari perkebunan. Hasilnya bukan cuma teh saja, tetapi ada kopi dan hasil tani ibarat talas dan singkong.

Pemandangan dari Bukit Ngisis di Desa Nglinggo (Shinta/detikTravel)Pemandangan dari Bukit Ngisis di Desa Nglinggo (Shinta/detikTravel)

Para wisatawan juga sanggup mencoba menciptakan teh sendiri. Rasanya pun khas dan unik, aroma melatinya sangat khas serta rasanya yang ringan dan segar.

Desa Nglinggo juga punya atraksi budaya. Tari Lengger Tapeng contohnya, yang merupakan tradisi masyarakat setempat sebagai media penyalur nazar atau janji.

Selain itu, tarian ini juga dulunya dipakai Sunan Kalijaga untuk membuatkan Agama Islam. Berbagai nilai budaya dan sejarah juga dituangkan di Tari Lengger Tapeng.

BACA JUGA: Tarian Kesurupan Mistis dari Kulonprogo

Spot-spot menarik nan instagenic juga sanggup traveler temui di Desa Nglinggo. Salah satunya yakni Bukit Ngisis, daerah melihat sunrise dan sunset yang indah. Di sini, juga ada tempat-tempat berfoto ibarat panggung, ayunan, jembatan hingga kendaraan beroda empat jip yang menggantung.

Mau coba acara seru? Ada tur keliling Desa Nglinggo dengan memakai kendaraan beroda empat jip. Traveler sanggup berkeliling melewati medan ekstrem ibarat tanjakan, turunan, hingga lewat sungai dan hutan pinus.

Tari lengger tapeng yang juga jadi atraksi di sini (Shinta/detikTravel)Tari lengger tapeng yang juga jadi atraksi di sini (Shinta/detikTravel)

Berbagai penginapan atau homestay juga ditawarkan di Desa Nglinggo. Nuansanya pun khas pedesaan dengan interior kayu. Mau mencoba menciptakan banyak sekali jenis hasil olahan makanan, sanggup juga berguru menciptakan kopi dan gula aren.

Desa Nglinggo juga menyediakan paket tur yang dikemas dengan ‘live in’ atau hidup sementara di sana selama beberapa hari. Harganya pun dimulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung atraksi dan durasi yang dipilih.

Homestay di Desa Nglinggo (Shinta/detikTravel)Homestay di Desa Nglinggo (Shinta/detikTravel)


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.