Desa Wisata Kampung Flory Hadirkan Wisata Flora Hias Dan Bak Terapi Ikan

Posted on


Jakarta – Pariwisata Yogyakarta sekarang semakin menarik untuk dikunjungi sebab keberadaan Desa Wisata. Salah satunya yaitu Desa Wisata Kampung Flory di Dusun Jugang, Pangukan, Tridadi, Kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta. Kampung Flory yang mengandalkan akal daya sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan ini mempunyai satu keunikan.

Terapi ikan menjadi salah satu atraksi wisata yang unik. Di Kampung Flory, tersedia beberapa bak terapi ikan yang begitu luas. Kolam tersebut dilengkapi batu-batu kali yang ditata di pinggir atau tengah bak sebagai tempat duduk. Kampung Flory menyediakan berbàgai kemudahan homestay Desa Wisata yang lengkap. Wisatawan bisa menentukan dua macam homestay, 10 unit homestay live-in di rumah warga atau Homestay Ayem-Ayem sebanyak 4 unit.

“Untuk program pertemuan, ada Limasan berkapasitas 200 orang di Sekretariat, satu unit Joglo Limasan Kembar berkapasitas 300 orang, dan dua unit Omah Kampung berkapasitas 80 orang. Kemudian ada 22 unit kamar mandi,” ujar Atun, petugas piket Sekretariat Kampung Flory, Sabtu (1/4).

Kampung Flory dengan lahan 4 hektare tersebut dibagi ke dalam tiga zona. Zona pertama merupakan zona Taruna Tani seluas 1 hektare yang bergerak di bidang perjuangan tumbuhan hias, tumbuhan buah, dan kuliner. Zona kedua berjulukan Dewi Flory seluas 1 hektare sebagai daerah desa wisata yang menyajikan jasa penginapan (homestay), outbond, dan training kewirausahaan agrobisnis.

Zona ketiga yaitu Agro Bush seluas 2 hektare yang menyajikan wisata petik buah langsung, wisata edukasi, dan pelestarian lingkungan. Disediakan juga kemudahan parkir kendaraan yang sanggup menampung 4 bus besar, 60 mobil, dan 100 sepeda motor.

Bendahara Wisata Kampung Flory Sutrisno Widiyanto mengungkapkan, wisata pertanian ini didirikan supaya sanggup memikat kembali generasi muda untuk tertarik ke dunia pertanian yang bisa menunjukkan kesejahteraan. Menurutnya, Wisata Kampung Flory dirintis sebagai sentra pembibitan dan akal daya tumbuhan buah unggul dan tumbuhan hias untuk memasok kebutuhan tumbuhan di Yogyakarta.

Di Kampung Flory, wisatawan sanggup mencar ilmu mengenai dunia pertanian, menyerupai mengenal jenis tanaman, bagaimana perawatannya, hingga cara menata tumbuhan hias di pekarangan rumah. Ada juga taman edukatif, tumbuhan buah/bunga dalam pot (tabulampot), sayur mayur, dan tumbuhan obat keluarga. “Pohon-pohon besar yang ada di sini, pun kita beri plang jenis namanya. Kalau untuk `memedi` (hantu) sawah itu jumlahnya 31. Untuk menonjolkan bahwa ini merupakan dunia pertanian,” katanya.

Demi menunjukkan edukasi mengenai pertanian, Kampung Flory menunjukkan pembekalan pada pemandu wisata. Pembekalan tersebut dilakukan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman.

Wisata Kampung Flory dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 21.00, tanpa ada hari libur, kecuali dikala libur besar. Di malam hari dari pukul 18.00 hingga 21.00, wisatawan sanggup menikmati santapan masakan khas Kampung Flory menyerupai `iwak kali` atau ikan sungai.

Mendengar keunggulan Desa Wisata di Yogyakarta, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyarankan supaya semua homestay dan desa wisata itu segera bergabung dan mendaftar ke Indonesia Tourism Xchange yaitu digital market place atau pasar online yang mempertemukan supplier dan biro atau buyers-sellers ke dalam satu platform. “Dengan begitu, industri pariwisata, baik homestay, desa wisata, akses, atraksi dan amenitas bisa bertemu dengan global market dari mana saja di seluruh dunia secara langsung,” ucapnya.

Dengan bergabung di Indonesia Tourism Xchange, penerima bisa mendapat kemudahan website yang untuk melaksanakan promosi dan menunjukka paket-paket wisata yang dibuat. Peserta juga bisa sekaligus memperoleh booking system dan payment engine untuk pribadi bertransaksi via online.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.