Demi Capai Target, Kemenpar Promosi Indonesia Hingga Maroko

Posted on

Ilustrasi Bali (Rachman Haryanto/detikcom)

Jakarta – Saat Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September 2016, pihak Kemenpar terbang eksklusif ke Maroko. Tujuannya yakni untuk promosi Indonesia.

Saat momentum itu pihak Kemenpar pergi ke Maroko untuk memperlihatkan proteksi pada Ikatan Nasional Konsultan Indonesia atau disingkat INKINDO yang tengah menghadiri kongres dunia.

Lantas kenapa pihak Kemenpar terbang jauh dan mendukung INKINDO di Maroko? Terlebih Maroko bukanlah pasar wisman yang masuk prioritas utama. Jawabnya yakni untuk promosi wisata dan mengejar 1.000 konsultan absurd untuk liburan dan wisata ke Indonesia.

“Tentu! Kami mensupport INKINDO yang sedang kongres dunia di Maroko. Tahun depan, mereka akan berkongres di Indonesia, dan menghadirkan 1.000 konsultan dari 89 negara. Karena itu, kami tampilkan keindahan alam, budaya dan man made yang dimiliki Indonesia, biar mereka semakin mantap dan meyakinkan untuk terbang ke tanah air,” ujar Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayan Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Afrika Kemenpar, Nia Niscaya menyerupai diberitakan surat keterangan pers Kemenpar yang diterima detikTravel, Jumat (30/9/2016)

Pasar yang disasar kali ini, kata Nia, yakni MICE, meetings, incentives, conferences, exhibitions yang merupakan potensi besar bagi Indonesia.

Bali Nusa Dua dan Jakarta yakni dua kota yang paling siap untuk 1.000 penerima MICE yang sangat mungkin jumlah itu akan bertambah. Kota lain, menyerupai Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Batam, Bintan, Manado, Makassar, Surabaya dan Medan juga cukup fasilitasnya untuk mendapatkan sejumlah itu.

Lalu apa yang dipromosikan di Maroko? Nia menjelaskan, Kemenpar mendesign booth dan image Wonderful Indonesia di sana. Tentu, juga beberapa TVC yang ada tayangan wacana destinasi wisata Indonesia dan kesenian tradisional Indonesia yang cukup dikenal di sana.

“Di tayangan video-nya, ada short speech Pak Menpar Arief Yahya, yang pada dasarnya mengucapkan selamat tiba tahun depan ke Indonesia,” kata Nia Niscaya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, bahwa Indonesia yakni daerah yang indah untuk berwisata budaya dan alam. Budayanya kuat, alamnya istimewa. Dua keindahan yang jikalau digabungkan menjadi satu kekuatan atraksi pariwisata yang mengagumkan.

“Silakan datang, eksplorasi dan nikmati alam dan budaya Indonesia,” kata Arief.

Arief Yahya mengakui, spending wisman MICE itu jauh lebih besar daripada jenis wisatawan lain ke tanah air. Bahkan sanggup tiga kali lipat, dibandingkan dengan leisure, dan sport tourism. Dana ini didapat dari asosiasi kongres sedunia, yang juga ada market-nya.

“Coba, kalau dipaketkan, mereka MICE di Nusa Dua, dan mereka sanggup bebas menentukan berkunjung ke semua destinasi di Bali? Itu kombinasi yang cantik, masuk dari tourism dulu akan lebih smooth,” ujar Arief.

Jauh-jauh dari Eropa, Amerika, atau Timur Tengah ke Bali, Jakarta, Batam, Bintan, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Makassar, atau Medan, kalau hanya untuk berkonferensi atau pertemuan, tentu tidak sayang dengan waktu dan kesempatan.

Karena itu, mereka biasanya mengajak istri, anak dan keluarganya untuk sekalian berliburan, belanja, kuliner, atau berburu souvenir.

“Itulah MICE, yang bidding tahun 2017 sudah dimenangkan oleh INKINDO,” terang Arief.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.