Dam Beton Dan Bendungan Simo

Posted on

Dam Beton dan Bendungan Simo ialah dua tempat yang berbeda. tapi lebih seringnya disebutkan bersama. Soalnya tempatnya berdekatan Sob. Fungsinya juga sama. Yaitu sama-sama tempat menampung air untuk irigasi. Selain itu, kedua tempat ini juga dimanfaatin buat wisata air Sob. Lokasi wisata ini kini juga jadi andalan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunungkidul.

Ide awal pembuatan Dam Beton dan Bendungan Simo berawal dari cita-cita warga biar sawah mereka tidak kekurangan air meskipun di ketika demam isu kemarau. Tahu sendiri kan kalau Gunungkidul penuh dengan batuan karst. Jadinya kalau demam isu kemarau sering mengalami kekeringan. Nah, Dam Beton dan Bendungan Simo ini difungsikan untuk menampung air sungai dan air hujan. Selanjutnya bendungan ini bakal dijadiin alat pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Meskipun daerah ini merupakankawasan wisata. Kawasan ini nggak ibarat daerah lain yang nggak tertata alasannya banyak pengunjungnya. Masyarakat sekitar mengelola bendungan ini secara suka rela.

Dam Beton dan Bendungan Simo ialah dua tempat yang berbeda Dam beton dan Bendungan Simo

Dam beton dan Bendungan Simo

Selain untuk irigasi sawah disekitar bendungan. Bendungan ini kini mulai dijadikan daerah wisata air. Sejak dijadikan daerah wisata air, mulai banyak pengunjung yang tiba kesini Sob.

Seiring dengan itu, kini ini di sekitar bendungan udah muncul banyak sekali akomodasi publik. Ada kolam pemancingan ikan air tawar ibarat Bawal, Nila, dan Gurame. Ada juga warung-warung makan lesehan yang menyajikan ikan tawar dengan aneka olahan. Selain itu juga ada akomodasi sepeda air  bagi keluarga dan anak-anak.

Dam Beton terletak di desa Umbulrejo dan Bendungan Simo terletak di Desa Genjahan Kecamatan. Keduanya masuk dalam Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

Mencapai lokasi wisata Dam Beton dan Bendungan Simo ini praktis Sob.kalau kau naik kendaraan umum, dari terminal Giwangan Jogjakarta, naik bus umum jurusan Wonosari. Turun di terminal Wonosari. Selanjutnya naik bus kecil jurusan Ponjong dan turun di desa Umbulrejo atau Genjahan. Habis itu kau dapat naik ojek untuk menuju lokasi. Sebenaryna lebih asyik kaalu memakai kendaraan pribadi. Makara kau dapat mencari jalan pintas.

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.