Candi Borobudur Perangi Kantong Plastik

Posted on

Kampanye anti kantong plastik di Candi Borobudur (Eko Susanto/detikcom)

Magelang – Kegiatan anti kantong plastik mulai digerakkan di Candi Borobudur. Para pengunjung yang membawanya dicegat kemudian diberi kantong serba guna.

Para pengunjung Candi Borobudur terlihat terkejut dengan barang bawaan dalam kantong plastik diganti kantong lainnya. Bahkan ada juga pengunjung yang berupaya menghindari, namun sesudah diberi pengertian sanggup memahaminya ketika memasuki Candi Borobudur.

Kampanye pengurangan plastik tersebut dilakukan Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKK) Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko kepada pengunjung Candi Borobudur. Para ibu-ibu ini mencegat para pengunjung Candi Borobudur di daerah maingate.

Untuk itu, pengunjung yang dari kejauhan menenteng kantong plastik berisi minuman maupun makanan terus dipantau. Kemudian, sesudah melewati gerbang dan hingga hadapan ibu-ibu tersebut, mereka didekati dan diberitahu.

Kemudian, plastik yang dibawa pengunjung tersebut, diminta diganti dengan kantong yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan belanja sehari-hari maupun lainnya. Sebanyak 200 kantong dibagikan kepada pengunjung yang membawa kantong plastik.

“Saya bahagia sekali diganti kantong ini. Saya sudah diingatkan untuk cinta lingkungan,” ujar Tri, pengunjung dari Bandung ketika ditemui di maingate Candi Borobudur, Kamis (19/9/2019).

Candi Borobudur Perangi Kantong PlastikFoto: (Eko Susanto/detikcom)



Ungkapan senada juga disampaikan pengunjung yang tiba bersama rombongannya dari Palembang, Anita. Ia mengaku, juga bahagia sekali.

“Senang sekali. Saya belum tahu jikalau ada kampanye pengurangan kantong plastik,” tutur Anita.

Sementara itu, Ketua IIKK TWC, Heriyanti Suzana Edy Setijono menyampaikan adanya sosialisasi pengurangan plastik juga untuk kehidupan sehari-hari. Mereka membagikan kantong belanja yang sanggup dimanfaatkan kembali untuk mengganti plastik yang dibawa pengunjung ke Candi Borobudur.

“Kemudian aktivitas selanjutnya, kita membagikan kantong belanja yang sanggup dimanfaatkan kembali untuk menganti plastik yang dibawa mereka bawa ke daerah Candi Borobudur,” katanya.

Candi Borobudur Perangi Kantong PlastikFoto: (Eko Susanto/detikcom)


“Outputnya kami harap masyarakat peduli terhadap lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik. Plastik sudah sangat berbahaya terhadap lingkungan alasannya sanggup menahan air, ketika dibuang di tanah, kemudian juga apabila ke bahari juga sanggup membahayakan biota laut, juga ikan-ikan yang berada di laut. Kaprikornus cita-cita kami, dengan adanya aktivitas ini masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik,” tuturnya.

Menyinggung wacana penting pengurangan plastik di lokasi wisata termasuk Candi Borobudur, kata dia, hal tersebut sangat penting sekali. Hal ini alasannya cita-cita pengunjung Candi Borobudur menginginkan daerah yang higienis dan terjaga lingkungannya.

“Tentu sangat penting alasannya plastik sangat mengganggu lingkungan, utamanya di daerah Borobudur ini. Tentunya para pengunjung tentu ingin daerah ini senantiasa terjaga kebersihannya dan juga terjaga lingkungan hijaunya, apabila sampah banyak di daerah ini tentu sangat mengganggu pemandangan,” tuturnya.

Simak Video “Demi Goda Wisatawan, Jokowi akan Percantik Candi Borobudur
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.