Bukan Di Inggris, Stonehenge Ini Ada Di Sleman

Posted on

Stonehenge versi Sleman di lereng Gunung Merapi (Sukma/detikTravel)

Sleman – Siapa yang tak tahu soal monumen Stonehenge yang tersohor di Inggris. Kini tak perlu jauh-jauh ke Inggris, di lereng Gunung Merapi pun sekarang ada Stonehenge!

Mulai dibuka semenjak 4 bulan yang lalu, objek wisata Stonehenge mulai kebanjiran pengunjung. Meski buatan tangan, strukturnya mirip watu sungguhan yang disusun kolam Stonehenge di Inggris.

Berada di area seluas 200 meter persegi, formasi watu raksasa Stonehenge dapat menjadi latar foto yang apik. Apalagi kalau cuaca cerah, langit biru yang luas dan hamparan rumput hijau menjadi bantalan bebatuan setinggi sekitar 4 meter ini sangat memanjakan mata.

Letaknya berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah spesial Yogyakarta. Stonehenge sekarang menjadi tujuan wisata alternatif selain menikmati panorama Gunung Merapi.

Mirip mirip aslinya di Inggris (Sukma/detikTravel)Mirip mirip aslinya di Inggris (Sukma/detikTravel)

Cukup membayar Rp 5 ribu, pengunjung dapat puas berfoto di lokasi ini. Salah seorang warga setempat yang juga menjadi pengelola, Remon (37) menjelaskan, Stonehenge didirikan untuk memberdayakan desanya yang sekarang tak lagi dapat ditinggali alasannya berada di tempat rawan tragedi 3.

Stonehenge dipilih alasannya rencananya akan diselaraskan dengan bangunan kastel yang berjarak sekitar 200 meter. Namun, sekarang bangunan kastel itu telah ditutup alasannya melanggar sejumlah peraturan.

Dusun Petung memang menjadi salah satu destinasi yang dilalui oleh Jeep Lava Tour di tempat Lereng Gunung Merapi. Erupsi yang terjadi pada tahun 2010 meluluhlantakkan dusun ini.

Tiket masuknya hanya Rp 5 ribu! (Sukma/detikTravel)Tiket masuknya hanya Rp 5 ribu! (Sukma/detikTravel)

Sejumlah bangunan yang tersisa di sana sekarang juga dibuka untuk wisata. Salah satunya Omahku Memoriku yang menampilkan sisa bangunan dan perabotan yang rusak akhir erupsi Gunung Merapi.

Dusun ini hanya berjarak 5 km dari puncak Gunung Merapi, sehingga ditetapkan pula sebagai lokasi terdampak pribadi erupsi Gunung Merapi.

“Tapi tak perlu khawatir, Gunung Merapi tidak pernah tiba-tiba erupsi. Menurut sejarah selama saya hidup di sini, niscaya akan ada tanda-tandanya. Jalur evakuasinya juga ada, akan kami buat rambu-rambunya juga,” kata Remon.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.