Berkah Long Weekend, Gunungkidul Catat Pemasukan Rp 439 Juta

Posted on

Wisatawan memadati lisan Gua Pindul (Dok. Operator Perintis Wisata Gua Pindul, Dewa Bejo)

Gunungkidul – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyebut kunjungan wisatawan selama long weekend kemarin mengalami peningkatan. Imbas baiknya, pemasukan ke kas kawasan hampir setengah miliar.

Bahkan, jumlah wisatawan yang tiba melampaui target. Mereka yang ke Gunungkidul menentukan pantai sebagai tempat melepas penat

“Jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul selama long weekend kemarin mencapai 58.282 orang, dan itu melebih sasaran kami adalah 24.000 kunjungan,” ucap Sekretaris Dispar Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono ketika dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (22/4/2019) sore.

“Dan paling banyak kunjungan wisatawan kemarin itu ke pantai. Ya memang tidak sanggup dipungkiri jikalau pantai masih menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan untuk tiba ke Gunungkidul,” imbuhnya.

Peningkatan jumlah kunjungan tersebut turut berdampak pada pendapatan sektor pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Di mana selama 3 hari kemarin, pendapatan dari sektor wisata mencapai Rp 439.694.800.

Berkah Long Weekend, Gunungkidul Catat Pemasukan Rp 439 Juta(Pradito Rida Pertana/detikcom)

“Target pendapatan dari sektor pariwisata tahun ini Rp 28 Miliar, dan ketika ini sudah mencapai Rp 5 Miliar jadi sudah terpenuhi 17,3 persen dari sasaran ya. Kalau untuk sasaran pengunjung tahun ini 3,7 juta dan hingga hari ini sudah tercapai 691.783 orang, itu yang terdaftar di retribusi,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut memicu rasa optimis Dispar Kabupaten Gunungkidul untuk mencapai sasaran kunjungan dan pendapatan dari sektor wisata tahun ini. Selain itu, peningkatan kunjungan tersebut memicunya untuk berbagi tempat wisata non pantai.

“Yang terang kita optimis sasaran tahun ini sanggup tercapai, asal tidak ada cuaca jelek dan insiden menyerupai tahun kemarin,” ujar Hary.


Sebelumnya, isu terkini libur panjang pekan ini menjadi berkah tersendiri bagi pengelola tempat wisata Gua Pindul, Gunungkidul. Pasalnya, ribuan wisatawan menjejali tempat wisata yang berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Salah satu pengelola operator perintis wisata Gua Pindul, Bagya membenarkan hal tersebut. Menurutnya, peningkatan jumlah wisatawan hanya terjadi hari ini saja.

“Hari ini memang melonjak (jumlah pengunjung) sebab pas libur panjang dan itu biasa terjadi. Kalau dilihat dari jumlah bis yang parkir tadi jumlah wisatawan yang tiba ada sekitar 2 ribu wisatawan,” ungkapnya ketika dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (19/4/2019) malam.

Sementara itu, operator perintis wisata Gua Pindul berjulukan Dewa Bejo Arif Sulistyo menjelaskan bahwa antrian wisatawan di lisan gua sebelah selatan dan utara hanya terjadi beberapa jam saja.

“Pas penuh-penuhnya tadi antara jam 9 pagi hingga jam 12 siang dan sesudah Salat Jumat sekitar jam 1 siang itu antrean wisatawan sudah mulai berkurang,” ujarnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.