Belajar Cinta Fauna Di Sentra Evakuasi Satwa Yogyakarta

Posted on

Foto: wildliferescuecentre.org

Kulonprogo – Tidak ke kebun binatang, kali ini kita ke sentra evakuasi binatang di Kulonprogo, DI Yogyakarta. Sepulang dari sini, dijamin kau makin sayang hewan!

Wildlife Rescue Centre Jogja yaitu wadah evakuasi satwa yang seharusnya berada di alam liar. Mereka menyelamatkan satwa ini dari rumah warga, atau sirkus dan sejenisnya.

“Saat ini, ada 7 ekor orangutan dan ratusan binatang lain. Ada elang, reptil, dan lainnya,” ujar Bendahara Yogyakarta Nature Conservation Foundation, Rosalia Setiawati ketika dihubungi detikTravel, Selasa (22/3/2016).

Kebanyakan mereka dipelihara dari kecil, sehingga sulit sekali mengajarkan binatang memakai insting binatang mereka. Namun sudah ada beberapa elang yang telah dilepasliarkan sebab berhasil mengikuti keadaan dengan alam.


(wildliferescuecentre.org)

Berada di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, WRC ini tidak terbuka untuk umum. Jadi, tidak sembarang orang sanggup ke sini. Tapi bukan berarti kau tak sanggup datang.

“Karena ini yaitu sentra penyelamatan, jadi memang tidak mempertontonkan hewan. Tapi kami mempunyai kegiatan pendidikan konservasi,” lanjut Rosa.

Maksud dari pendidikan konservasi yaitu wisata edukasi mengenalkan pada belum dewasa bagaimana cara mengasihi binatang dengan benar. Menurut Rosa, yang paling penting yaitu memberi kesadaran bahwa binatang sudah seharusnya berada di alam liar, bukan untuk dipelihara.

Tidak semua orang sanggup mengikuti kegiatan pendidikan konservasi. Karena WRC Jogja ini terbuka untuk para murid sekolah dan mahasiswa.


(wildliferescuecentre.org)

“Mulai dari Taman Kanak-kanak hingga kuliah sanggup tiba ke sini untuk mengikuti kegiatan pendidikan konservasi,” ungkap Rosa.

Dengan minimal 20 orang, para murid ini sanggup menerima tur keliling WRC Jogja. Sepanjang tur, akan ada pemandu yang akan memberi informasi mengenai binatang yang dilihat dan bagaimana seharusnya memperlakukan binatang dengan baik.

Untuk kegiatan ini, per orang dikenai Rp 35 ribu. Tergolong terjangkau mengingat banyak konservasi lain yang mengharuskan bayar hingga ratusan ribu untuk menjelajah kawasannya.

“Biaya itu untuk pemandunya, lalu untuk keperluan hewan-hewan yang ada di sini,” lanjut Rosa.


(wildliferescuecentre.org)

Ada lagi paket lain yang sanggup bikin kau makin cinta dengan hewan. Volunteer atau tenaga sukarela juga dibuka di sini. Dengan minimal tinggal selama 1 minggu, kau sanggup mencoba menjadi pengurus binatang yang ada di sini.

“Volunter itu memang kami jual paketnya. Minimal 1 ahad dengan biaya USD 770 (Rp 10 juta),” tutur Rosa.

Sebelum menjadi tenaga sukarela, kau harus mengikuti beberapa tes kesehatan untuk memastikan tubuhmu tidak membawa penyakit berbahaya untuk hewan. Juga, menyuntik vaksin supaya tidak ada penularan baik dari insan ke binatang atau sebaliknya.

Saat ini, memang yang banyak jadi volunter berasal dari turis luar negeri. Namun tidak tertutup kemungkinan wisatawan domestik ikut kegiatan ini juga.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.