Beberapa Destinasi Indah Di Puisi Sukarno Saya Melihat Indonesia

Posted on

Presiden Sukarno (BBC World)

Jakarta – ‘Aku Melihat Indonesia’ ialah puisi Sukarno yang terkenal. Dalam pusisi itu, ia menyelipkan beberapa destinasi Indonesia yang indah.

Sedang heboh baru-baru ini, puisi kontroverisal ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri pada program Indonesia Fashion Week 2018. Akhirnya, ia pun memperlihatkan pernyataan maaf.

Jauh sebelum itu, puisi bertemakan Indonesia juga pernah digaungkan oleh presiden pertama Indonesia, Sukarno. Salah satunya puisi yang berjudul ‘Aku Melihat Indonesia’, yang penuh nasionalisme. Begini isinya:

Jikalau saya bangun di pantai Ngliyep
Aku mendengar Lautan Hindia bergelora
membanting di pantai Ngliyep itu
Aku mendengar lagu, sajak Indonesia

Jikalau saya melihat
sawah-sawah yang menguning-menghijau
Aku tidak melihat lagi
batang-batang padi yang menguning menghijau
Aku melihat Indonesia

Jikalau saya melihat gunung-gunung
Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Merbabu
Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Kelebet
dan gunung-gunung yang lain
Aku melihat Indonesia

Jikalau saya mendengarkan
Lagu-lagu yang merdu dari Batak
bukan lagi lagu Batak yang kudengarkan
Aku mendengarkan Indonesia

Jikalau saya mendengarkan Pangkur Palaran
bukan lagi Pangkur Palaran yang kudengarkan
Aku mendengar Indonesia

Jikalau saya mendengarkan lagu Olesio dari Maluku
bukan lagi saya mendengarkan lagu Olesio
Aku mendengar Indonesia

Jikalau saya mendengarkan burung Perkutut
menyanyi di pohon ditiup angin yang sepoi-sepoi
bukan lagi saya mendengarkan burung Perkutut
Aku mendengarkan Indonesia

Jikalau saya menghirup udara ini
Aku tidak lagi menghirup udara
Aku menghirup Indonesia

Jikalau saya melihat wajah anak-anak
di desa-desa dengan mata yang bersinar-sinar
“Pak Merdeka; Pak Merdeka; Pak Merdeka!”
Aku bukan lagi melihat mata manusia
Aku melihat Indonesia

Jika diperhatikan, tersalip beberapa destinasi-destinasi Indonesia yang indah. Pertama, diawali dari Pantai Ngliyep. Dalam catatan detikTravel, Pantai Ngliyep merupakan pantai yang anggun di Malang.

Pantai ini terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomuyo, Malang dan berjarak sekitar 62 km dari sentra kota. Setibanya di pantai, pasir putih nan luas akan menyambut kedatangan traveler.

Beberapa Destinasi Indah di Puisi Sukarno 'Aku Melihat Indonesia'Pantai Ngliyep di Malang (Hendra Soetantyo/d’Traveler)

Airnya jernih, bikin ingin berenang. Seperti di puisi Soekarno, pantai di selatan Pulau Jawa ini memang menghadap Samudera Hindia.

Selanjutnya, Sukarno menyebut 4 gunung yakni Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Merbabu dan Gunung Tangkuban Perahu. Gunung-gunung di Pulau Jawa ini sudah populer sebagai destinasi wisata bagi para pendaki.

Gunung Merapi sudah populer dengan banyak sekali acara wisatanya. Lereng gunungnya yang masuk daerah DI Yogyakarta, terdapat beberapa objek wisata menyerupai The Lost World Castle. Belum lagi, traveler sanggup menjajal off road yang seru!

Menjajal Merpai dengan off road (Afandi/d'Traveler)Menjajal Merpai dengan off road (Afandi/d’Traveler)

Sedangkan Gunung Semeru di Jawa Timur, merupakan gunung dengan titik tertinggi di Pulau Jawa. Meski ketika ini dilarang mendaki hingga ke puncaknya yang setinggi 3.676 mdpl, para pendaki tetap sanggup melihat panorama keindahan Ranu Kumbolo dan Oro-oro Ombo.

Ranu Kumbolo yang indah (Pradikta/d'Traveler)Ranu Kumbolo yang indah (Pradikta/d’Traveler)

Gunung Merbabu di Jawa Tengah pun menjadi favorit para pendaki. Sedangkan Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat, ialah tempat liburannya orang Bandung dan Jakarta. Untuk melihat Kawah Putih dan mencicipi suasana alam yang penuh ketenangan.

Kawah putih di Gunung Tangkuban Perahu (Rina Rahma/d'Traveler)Kawah putih di Gunung Tangkuban Perahu (Rina Rahma/d’Traveler)

‘Lagu-lagu yang merdu dari Batak’, di kepingan puisi ini niscaya banyak dari kau yang setuju. Masyarakat Batak memang punya bunyi yang bagus, datangi saja sendiri ke Sumatera Utara sana dan jangan lupa mampir ke Danau Toba ya!

Terakhir, Sukarno menyebut ‘lagu Olesio dari Maluku’. Maluku, wilayah kepulauan di Indonesia timur ini diberkahi dengan bentang pantai, lautan dan bawah bahari yang indah. Silakan datangi Ambon, Banda Neira, Morotai hingga ke Kepulauan Kei.

Pulau Bair di Kepulauan Kei (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)Pulau Bair di Kepulauan Kei (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)


BACA JUGA: Sari Konde Disebut Lebih Cantik, Bagaimana dengan Konde di SUV?


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.