Bayangkan Jika Gua-Gua Di Gunungkidul Isinya Kotoran Ayam?

Posted on

Gua di Gunungkidul sanggup terkontaminasi akhir pembangunan peternakan ayam (apryanto/dTraveler)

Gunungkidul – Pembangunan peternakan ayam di daerah Geopark Gunung Sewu, Gunungkidul dinilai sanggup mencemarkan lingkungan. Sungai bawah tanahnya sanggup penuh limbah!

Gunung Sewu yaitu daerah karst yang membentang dari Parangtritis di DI Yogyakarta hingga ke Pacitan. Tahun 2015 lalu, geopark ini sudah disahkan UNESCO sebagai daerah Global Geopark Network alias geopark dunia!

Sayang, baru-baru ini muncul kontroversi di sana. Adalah pembangunan peternakan ayam berjulukan PT Widodo Makmur Unggas seluas 20 hektar, yang disebut sanggup merusak kelestarian alam di Geopark Gunung Sewu.

BACA JUGA: Menjaga Geopark Gunung Sewu dari Peternakan Ayam

Bayangkan Kalau Gua-gua di Gunungkidul Isinya Kotoran Ayam?Foto: (Istimewa/Cahyo)

Hal tersebut disampaikan oleh Cahyo Alkantana. Salah satu tokoh pariwisata yang kental dengan wisata petualangan, sekaligus sebagai pengelola Gua Jomblang dan daerah Geopark Gunung Sewu di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

“Simpelnya begini, peternakan ayam itu akan membuang limbahnya ke dalam sungai bawah tanah. Perlu diketahui, sungai-sungai bawah tanah di Geopark Gunung Sewu ini terhubung satu sama lain di dalam gua. Jadi, limbah atau kotorannya sanggup mencemari banyak sungai,” terangnya kepada detikTravel, Senin (10/9/2018).

Banyak gua di Gunungkidul yang jadi destinasi wisataBanyak gua di Gunungkidul yang jadi destinasi wisata (Wendy S/d’Traveler)

Posisi sangkar dari peternakan ayamnya berada di bulat 1 zona inti Gunung Sewu, juga zona inti wisata gua-gua dan telaga karst. Posisi sangkar merupakan pertemuan 4 sungai utama bawah tanah yakni Sumuluh Seropan, Jomblang Grubug, Bribin dan Ngingrong.

“Di sungai-sungai bawah tanah dari Geopark Gunung Sewu di daerah Gunungkidul, itu sudah dimanfaatkan untuk PDAM sumber air higienis masyarakat. Serta, sungai-sungai bawah tanahnya menjadi acara wisata yang mana merupakan pendapatan masyarakat,” papar Cahyo yang juga merupakan Ketua Asosiasi Wisata Goa Indonesia (ASTAGA).

“Bayangkan saja, gua-gua di Gunungkidul isinya limbah dan kotoran ayam?” keluh Cahyo.

Gua Jomblang pun sanggup tercemarGua Jomblang pun sanggup terkontaminasi (Leonard Anthony/d’Traveler)

Cahyo yang juga menjabat sebagai President Indonesia Adventure Travel and Trade Association (IATTA) itu menambahkan, pembangunan PT Widodo Makmur Unggas sendiri belum ada izinnya tapi sudah ada pekerjaan fisiknya. Dia berharap, semoga semua pihak dari perusahaan tersebut, para pelaku wisata di Geopark Gunung Sewu hingga Pemerintah Daerah Gunungkidul sanggup duduk bareng untuk membahasnya.

“Mari kita duduk bareng semua, ajak hebat karst juga semoga semua pihak tahu betapa berharganya Geopark Gunung Sewu ini. Baiknya, kini distop dulu sementara pengerjaan peternakan ayamnya,” tegas Cahyo.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.