Barista Dunia Siap Meriahkan Hari Kopi Internasional Di Lampung

Posted on


Jakarta – Bagi yang ingin merasakan citarasa kopi kelas dunia, baiknya Anda kosongkan aktivitas pada 29 September– 1 Oktober 2017. Di hari itu akan ada peringatan Hari Kopi Internasional yang akan dihadiri 60 barista dunia di Lampung. Bahkan Gubernur Provinsi Bouira di Aljazair juga tiba ke Lampung.

Di sini ada akan disajikan aneka macam kenikmatan kopi, ibarat kopi robusta Lampung yang sudah terbukti bisa menembus pasar dunia.

“Semuanya bisa dinikmati ketika Hari Kopi Internasional 29 September hingga 1 Oktober 2017 yang dipusatkan di Bandar Lampung dan Tanggamus,” kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, Ferynia dalam rilisnya Jumat (29/9/2017).

Di sini akan ada program menarik lainnya, ibarat talkshow, tour the coffee, knowledge berupa wisata agro di Dusun Penginyongan, Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus.

Digelar juga kejuaraan Barista Nasional 2017, terdiri atas tiga kategori adalah manual brewing, coffee cup testing robusta, dan latte art.

“Dijamin seru. Nanti ada 60 penerima barista internasional, 24 penerima lomba brewing, 18 penerima lomba latte, dan 18 penerima cup test dari Yogyakarta, Medan, Sulawesi Barat, dan Jakarta. Lampung akan diwakili Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, dan Lampung Utara,” tambahnya.

Rencananya Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, 20 duta besar, serta 18 Gubernur penghasil kopi se-Indonesia akan hadir di program ini.

Selain itu, sejumlah negara buyer asal Eropa, Asia, dan Amerika juga memastikan siap hadir, termasuk para duta besar negara sahabat.

“Minum kopi di tengah tamu-tamu internasional niscaya menunjukkan sensasi beda. Makanya jangan hingga ketinggalan. Ayo ke Lampung,” ajak Ferynia.

Acara dimulai pada pukul 19.00 di Paradise Hall, Hotel Novotel, dengan mengundang penerima dan masyarakat untuk menikmati lebih dari 1.000 cup kopi gratis.

“Acaranya dikemas rileks biar tercipta suasana menikmati kopi sesungguhnya. Ada pagelaran tari dari Kabupaten Lampung Barat. Sebagai penghasil kopi robustas terbaik, Lampung Barat bakal tampil all out di program ini,” tambahnya

Di sana penerima menerima klarifikasi perihal budi daya kopi berstandar internasional. Perseroan Terbatas (PT) Nestle Indonesia akan membagikan 60.000 bibit kopi unggul yang bisa menghasilkan 1 ton per hektare.

Selanjutnya, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Fivardo mengajak masyarakat menikmati kopi gratis di Hotel Novotel lewat program bertajuk ‘Ngupi Pay’. Pada gelaran ini, tampil aneka macam produk kopi dari aneka macam pusat di Indonesia dengan grade terbaik.

“Ini momen yang sempurna bagi penikmat memuaskan selera kopi berkualitas,”ujar Ridho.

Penikmat kopi juga dihibur dengan pemutaran film Filosofi Kopi dan pemilihan Duta Kopi yang disaring dari lima kampus ternama Lampung, di Hotel Novotel.

“Seluruh rangkaian program dikemas biar penerima tetap mengingat Lampung sebagai produsen kopi robusta terbaik di Indonesia, bahkan dunia,” tambahnya.

Bagi Menpar Arief Yahya, gelaran event ini bisa menjadi ajang daya tarik wisatawan ke Lampung dan untuk mengakibatkan atraksi ini menjadi lebih mendunia.

Arief juga mengapresiasi harapan Gubernur Lampung yang akan segera menyebarkan konsep wisata terpadu dengan pertanian atau agrowisata ibarat yang sukses diterapkan di Thailand.

Benchmark-nya akan disesuaikan dari kesuksesan agrowisata Suphattra Land yang terletak di Ban Khai, Thailand. Mereka sangat populer dan sukses mengelola perkebunan buah-buahan dan berhasil menjadi eksportir komoditas hortikultura di dunia,” ungkap Arief.

Peluangnya dinilai sangat besar. Maklum, Lampung merupakan eksportir kopi terbesar Indonesia. Semua kopi yang enak-enak ada di sana.

“Termasuk Kopi Luwak. Asalnya itu dari Lampung. Selain kopi, Lampung juga bisa kembangkan wisata komoditas buah-buahan tropis lainnya, ibarat pisang dan nanas. Ini akan jadi atraksi yang menarik,” pungkasnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.