Banyuwangi Ijen Green Run 2016, Olahraga Sambil Berwisata Alam

Posted on

Peserta berlomba di ajang Banyuwangi Ijen Green Run 2016 (Ardian/detikTravel)

Banyuwangi – Ajang Sport Tourism Banyuwangi Ijen Green Run 2016 sukses digelar. Di ajang ini, traveler dapat berolahraga sekaligus menikmati keindahan alam Gunung Ijen.

Banyuwangi Ijen Green Run 2016 telah sukses diselenggarakan. Sebanyak 500 pelari meramaikan trail run yang melintasi lereng Gunung Ijen, Banyuwangi, Sabtu (3/12/2016). Lomba lari ini mengambil start di lapangan perkebunan Kalibendo, Banyuwangi.

Para penerima disuguhi bentang alam tempat Taman Wisata Alam Gunung Ijen yang indah di sepanjang rute. Ratusan penerima dari banyak sekali kota di Indonesia ini berpacu mencapai waktu tercepat sesudah dilepas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Para penerima terbagi dari tiga kategori, yaitu kelas 6 KM, 12 KM, hingga 25 KM. Rutenya menyusuri jalur yang melalui cukup menantang, mulai dari tanjakan, turunan yang curam hingga menyeberangi sungai.

Para penerima menyeberangi sungai (Ardian/detikTravel)Foto: Para penerima menyeberangi sungai (Ardian/detikTravel)

Para pelari dalam ajang sport tourism ini tak hanya disuguhkan bentang alam yang hijau dan menakjubkan, tapi juga suguhan kultur kehidupan ala masyarakat pegunungan. Para penerima juga disuguhi buah-buahan yang banyak tumbuh di sekitar lereng Gunung Ijen dan banyak sekali masakan yang berbahan dasar hasil pertanian di sana oleh warga sekitar. Beberapa warga menyambut para pelari dengan menghidangkan aneka kudapan tradisional menyerupai pisang rebus, ubi, dan kacang rebus.

“Wah rute yang berat. Tapi tadi lewat kebun kopi, dan sawah jadi indah. Yang seru pas nyebrang sungai. Semua rasa lelah terbayar dengan sempurna,” ujar Rudiansyah, penerima yang tiba dari Jakarta.

Peserta lari melewati kebun kopi (Ardian/detikTravel)Foto: Peserta lari melewati kebun kopi (Ardian/detikTravel)

Selain rute yang menantang, para pelari disambut lintasan yang mempunyai pemandangan alam yang mempesona, mulai dari hutan pinus, persawahan, dan perkebunan kopi dan karet.

“Kami melewati rute hutan pinus yang panjang, pas di Puncak Seno yang pemandangannya luar biasa. Dari atas, dapat melihat kota Banyuwangi. Sangat indah. Lalu lewat perkebunan kopi yang sedang berkembang alasannya ialah tadi baunya sangat wangi,” ujar Shandy salah satu penerima lainnya, dikala berbincang dengan detikTravel.

Salah satu penerima dari Belgia, Stephanie mengaku sangat antusias mengikuti kompetisi ini. Apalagi Ijen merupakan salah satu tempat wisata favoritnya. “Saya tertarik ikut lomba ini alasannya ialah saya sangat suka Gunung Ijen,” ujarnya.

Ada penerima yang berasal dari luar negeri (Ardian/detikTravel)Foto: Ada penerima yang berasal dari luar negeri (Ardian/detikTravel)

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan sport tourism (olahraga berbalut pariwisata). Banyuwangi sangat cocok dikembangkan untuk sport tourism, mengingat potensi alamnya yang mendukung.

“Ini merupakan cara kreatif untuk mempromosikan daerah. Trail run melewati pegunungan di lereng Ijen tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Sembari sehat di fisik, para pelari juga akan terpuaskan dengan keindahan alam kawah Ijen,” ujar Anas.

Ajang ini tercatat diikuti lebih dari 500 runner dari Jakarta, Denpasar, Surabaya, Bekasi, Samarinda, Bogor, Pasuruan, Malang, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Bekasi, Gresik, Tangerang, Samarinda, dan Palembang. Tak ketinggalan pula, pelari dari kota di sekitar Banyuwangi, menyerupai Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Probolinggo.

“Ini tentu juga menggerakkan ekonomi alasannya ialah pelari butuh jasa transportasi, penginapan, kuliner, dan niscaya pulang bawa oleh-oleh. Belum lagi mereka bawa rombongan keluarga alasannya ialah sekalian berwisata di Banyuwangi,” pungkas Anas.

 Salah satu penerima berhasil melewati garis finish (Ardian/detikTravel)Foto: Salah satu penerima berhasil melewati garis finish (Ardian/detikTravel)


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.