Banyak Turis Hong Kong Cuma Tahu Bali, Butuh Taktik Promosi Baru

Posted on

Kepala VITO Hong Kong, Ricky Tse (Danu/detikTravel)

Hong Kong – Kebanyakan traveler Hong Kong ‎masih mengakibatkan Bali sebagai primadona wisata di Indonesia. Ini alasannya promosi pariwisata dari Indonesia belum terlalu gencar.

“‎Sebenarnya masyarakat Hongkong sudah tahu Indonesia, tapi tahunya Bali. Kita perlu memberitahu, Indonesia itu besar, ada Yogyakarta, Danau Toba, Raja Ampat, dan sebagainya,” kata Kepala Visit Indonesia Tourism Officers (VITO) Hongkong, Ricky Tse, di Hotel Prudential, 222 Nathan Road, Tsim Shat Tsui, Kowloon, Hongkong, Kamis (10/3/2016).

Maka Kementerian Pariwisata mengusahakan promosi kepada khalayak internasonal, termasuk Hongkong‎, semoga mengenal kawasan wisata lain. Caranya dengan meminta proteksi VITO, forum bawahan Kementerian Pariwisata yang dipimpin warga negara setempat, menyerupai Ricky Tse warga Hongkong yang sudah fasih berbahasa Indonesia ini.

Bila dieksplorasi lebih lanjut, kata Ricky, bahu-membahu ada pula publik Hong Kong yang ingin menengok wisata candi di Yogyakarta dan sekitarnya. Hanya saja jumlah mereka masih kalah ketimbang publik yang hanya mengenal Bali saja sebagai kawasan yang layak dikunjungi.

“Kita punya potensi gede. Maka kita perlu mendorong sektor pariwisata secara berkelanjutan, tak hanya promosi yang sekali dilakukan kemudian putus,” kata Ricky.‎

Arus turis ke Indonesia dari Hongkong cukup banyak. Untuk penerbangan, ada lima rute eksklusif dari Hongkong ke Bali. Yakni tiga dari Hongkong Airlines, satu Garuda Indonesia, dan satu Cathay Pacific. Setiap harinya, ada 1.000 wisatawan dari Hongkong ke Bali.‎

“Seribu seat (kursi penerbangan) tiap hari dari Hongkong ke Bali,” kat‎a Ricky.

Hongkong menjadi kawasan transit orang-orang di sekitarnya termasuk dari Tiongkok Daratan untuk bepergian ke luar negeri, termasuk ke Bali. Maka fakta ini juga menjadi potensi untuk memperbesar jumlah wisatawan ke seluruh Indonesia, tak hanya ke Bali saja tentunya.

Ricky sudah menjalankan bisnis pariwisata Indonesia-Hongkong semenjak 1980. Dia direkrut menjadi Kepala VITO Hongkong semenjak awal tahun ini.

Kementerian Pariwisata dibantu VITO Hongkong akan menggelar program ‘Direct Promotion (Promosi Langsung) Indonesia in Hongkong 2016 di Mikiki Mall, San Po Kong, Kowloon, Hong Kong, pada 12 sampai 13 Maret besok. Promosi pariwisata akan digelar dan diisi dengan tari-tarian serta musik tradisional Indonesia.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.