Banjir Di Gunungkidul, Apakah Merusak Gua Jomblang?

Posted on

Foto: (dok Istimewa/Cahyo Alkantana)

Gunungkidul – Gua Jomblang di Gunungkidul, DI Yogyakarta terendam banjir. Apakah banjirnya dapat merusak ornamen-ornamen dalam gua?

Seperti diketahui, banjir melanda Kabupaten Gunungkidul di DI Yogyakarta. Beberapa gua di sana yang menjadi objek wisata menyerupai Gua Jomblang di Desa Jetis Wetan, Kecamatan Semanu ditutup. Gua ini populer dengan fenomena Cahaya Surga.

Terkait banjir di Gua Jomblang, yang notbenya gua vertikal, gua ini tertutup air. Ketinggian air naik menjadi 60 meter!

Apakah banjir merusak ornamen Gua Jomblang?

“Ornamen di gua hampir niscaya tidak rusak,” tegas Cahyo Alkantana, pengelola daerah Gua Jomblang kepada detikTravel, Rabu (29/11/2017).

BACA JUGA: Gua Jomblang di Gunungkidul Banjir, Aktivitas Wisata Ditutup Sementara

Cahyo Alkantana menjelaskan, Gua Jomblang setidaknya akan ditutup hingga 3 hari ke depan. Gua Jomblang sendiri sudah dipersiapkan secara profesional termasuk Early Warning Sytem terhadap ancaman banjir.

“Nanti jikalau sudah dibuka, hanya licin saja sebab endapan lumpur,” katanya.

“Kita mengurus Gua Jomblang dengan profesional. Soal Carring Capacity, wisatawan yang masuk ke dalam gua juga dibatasi paling banyak 90 orang per kunjungan,” tambah Cahyo Alkantana.

Menurutnya, 50 wisatawan membatalkan acara wisata di Gua Jomblang pada Selasa (28/11) kemarin. Sedangkan hari ini, 35 turis juga cancel. Namun sekali lagi Cahyo Alkantana menegaskan, jikalau nanti Gua Jomblang kembali dibuka, sudah sangat kondusif bagi wisatawan.

“Jam 3 sore sudah turun ketinggiannya 10 meter. Gua Jomblang ialah jenis gua kering sehingga kita tidak bermain di zona air sungai sehingga gua ini dapat dikunjungi sepanjang tahun,” tutup Cahyo Alkantana.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.