Balai Ekonomi Desa Sanggup Majukan Pariwisata Di Borobudur

Posted on

Foto: (dok Kemenpar)

Jakarta – Balai Ekonomi Desa (Balondes) diresmikan Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Adanya aktivitas ini, dikatakan sanggup meningkatkan perekonomian perdesaan melalui sektor pariwisata.

Hadirnya Balkondes, dikatakan Menteri Pariwisata Arief Yahya akan mendukung gelaran International Council of Women (ICW) pada pertengahan September 2018 di Yogyakarta.

“Balkondes makin menampakkan tajinya. Bukan saja sebagai tempat kegiatan tetapi juga sebagai penginapan para penerima ICW ke-28. Kongres akan diikuti 1.000 penerima dan sebanyak 300 orang di antaranya merupakan delegasi dari 70 negara anggota PBB,” ujar Arief dalam keterangan tertulis, Senin (10/9/2018).


Untuk diketahui Balkondes merupakan binaan dari BUMN yaitu PT Angkasa Pura II. Pengelolaan atau pemberdayaannya diserahkan kepada masyarakat desa dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi desa.

“Role model, pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan potensi masyarakat. Ini yang akan kita tunjukan kepada mereka. Semoga bisa menjadi role model di Indonesia dan dunia,” harap Arief.

Sementara itu Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin, menyampaikan aktivitas Balkondes ditujukan untuk memajukan sektor pariwisata untuk menggaet 20 juta wisatawan pada 2019.

“Program Balai Ekonomi Desa ini merupakan aktivitas Kementerian BUMN. Diluncurkan dalam rangka mendukung aktivitas pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman. Karena targetnya mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Secara umum, Balkondes dibangun untuk meningkatkan pariwisata di wilayah Magelang. Khususnya mengangkat daerah wisata Candi Borobudur, serta langkah awal bagi warga Desa Tegalarum untuk unjuk gigi memperkenalkan potensi-potensi daerah,” tuturnya.


Ia berharap, Balkondes tak hanya akan meningkatkan sektor pariwisata namun juga pada perekonomian warga melalui pengembangan kegiatan UMKM.

“Kami berharap apa yang dikontribusikan Angkasa Pura II bisa membawa kemajuan tidak hanya dari sisi ekonomi melalui pengembangan kegiatan UMKM. Tapi juga konsep berpikir untuk selalu menjadi daerah yang lebih baik,” ungkap Awal.

Desa Tegalarum menjadi Balkondes ke-18 yang sudah diresmikan di Kecamatan Borobudur. Hingga dikala ini, terdapat 18 Balkondes yang telah terealisasi. Terdapat 94 kamar yang bisa menampung 105 tamu. Balkondes Tegalarum yang dibangun oleh AP II merupakan Balkondes ke-18 dilengkapi dengan 17 kamar yang bisa menampung 34 tamu.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.