Asyik! Pekan Raya Kuliner Belanja Digelar Serentak Di 12 Provinsi Indonesia

Posted on

Pembukaan WICSF di Gandaria City, Jakarta (Kurnia/detikTravel)

Jakarta – Wonderful Indonesia Culinary & Shoppping Festival akan diselenggarakan selama sebulan penuh. Festival masakan dan belanja ini sanggup traveler nikmati di 12 provinsi di Indonesia.

Kuliner Tanah Air memang sangat beragam. Agar masakan lokal makin dikenal, baik oleh turis lokal maupun mancanegara yang sedang wisata ke Indonesia, Wonderful Indonesia Culinary & Shoppping Festival (WICSF) pun digelar oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) tanggal 27 September-27 Oktober 2016.

“Ini merupakan pekan raya culinary dan shopping yang pertama dan terbesar. Ini ada di 12 provinsi, 16 kota dan di 85 mal,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam pembukaan WICSF di Mal Gandaria City, Selasa (27/9/2016) malam.

Keduabelas provinsi tersebut antara lain Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Traveler yang ingin ikut serta dalam kemeriahaan WICSF, tinggal tiba saja ke sejumlah mal di 12 provinsi tersebut. Misalnya untuk di Jakarta, WICSF diadakan di Kuningan City, Gandaria City, Emporium Pluit Mall, Pondok Indah Mall, Kalibata City Square dan lain sebagainya.

Dalam gelaran ini traveler sanggup merasakan aneka masakan lokal di booth-booth yang tersedia. Tak hanya icip-icip cita rasa khas Nusantara, ada pula demo masak, pameran produk lokal dan kerajinan tangan khas daerah, serta wisata belanja dengan diskon menggiurkan.

Salah satu booth Kuliner di Gandaria City (Kurnia/detikTravel)Salah satu booth Kuliner di Gandaria City (Kurnia/detikTravel)

Kuliner dan belanja sendiri dipilih alasannya ialah termasuk digemari turis dan menguntungkan di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif. Wisatawan yang tiba ke Indonesia banyak yang gemar membelanjakan uangnya untuk merasakan makanan tradisional.

“Kalau dari pariwisata orang spending katakan USD 1.000, itu 30% nya untuk culinary dan shopping. Lalu bila di ekonomi kreatif culinary itu 32% dari PDB kita,” tutur Arief.

Untuk belanja, Jakarta juga termasuk dalam tempat terfavorit wisatawan. Para turis banyak yang bahagia belanja di Jakarta alasannya ialah memang harganya sanggup dibilang ramah di kantong.

“Jakarta itu masuk top 20 tempat shopping yang paling disenangi wisatawan. Harganya termasuk paling murah di dunia bila orang shopping di Jakarta,” kata Arief.

WICSF gres pertama kali digelar tahun ini dan diperlukan sanggup menyedot banyak pengunjung. Diharapkan ke depannya WICSF sanggup rutin diselenggarakan.

“Kita harapkan ini yang pertama, kita mencar ilmu sama-sama mencar ilmu dari program ini. Kita buat yang lebih andal lagi tahun depan,” ucap Stefanus Ridwan, Ketua Umum DPP APPBI.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.