Apa Hubungannya Gunung Fuji Dan Gunung Merapi?

Posted on

Foto: MoU antara DIY dan Yamanashi, Jepang (Edzan Raharjo/detikTravel)

Yogyakarta – Gunung Merapi disebut menyerupai dengan Gunung Fuji di Jepang. Untuk mengembangkan pariwisata keduanya, Prefektur Yamanashi dan DI Yogyakarta pun menjalin kerjasama.

Gunung Merapi di DIY disebut menyerupai dengan Gunung Fuji di Yamanashi, Jepang. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Prefektur Yamanashi, Hitoshi Goto, dikala bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Yamanashi dikenal dengan wisata Gunung Fuji. Banyaknya kunjungan wisata telah menghidupkan perekonomian masyarakat. Gunung Fuji hingga dikala ini masih aktif sama halnya dengan gunung Merapi di Yogyakarta.

“Bentuk Gunung Fuji dengan Gunung Merapi itu mirip. Kalau gunung Merapi terakhir meletus 7 tahun yang lalu. Kalau Gunung Fuji terakhir meletus 300 tahun yang lalu, tapi dua-duanya masih aktif,” kata Hitoshi Goto dari penerjemahnya, usai MoU antara DIY dan Yamanashi, Jepang di Kantor Gubernur DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (21/12/2017).

Jumlah penduduk Yamanashi lebih sedikit, kurang lebih 830 ribu. Tetapi jumlah wisatawannya cukup tinggi sebab adanya Gunung Fuji. Wisatawan yang menginap dalam satu tahun jumlahnya mencapai 3,2 juta. Sementara yang pulang pergi lebih dari 5 juta orang.

“Dari angka itu, satu juta empat ratus yakni turis asing. Kami ingin membuatkan dengan Yogya mengenai hal menyerupai itu,” katanya.

Selain pariwisata, kerjasama juga dijalin di bidang pendidikan, kebudayaan dan pertanian. Di bidang pendidikan pihaknya akan berupaya ada kerjasama akademi tinggi di Yamanashi dan Yogyakarta.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa tenaga andal dari Yamanashi sudah tiba untuk kerjasama di sektor peternakan, perikanan dan pertanian. Mereka sudah mulai melaksanakan identifikasi di lereng Merapi dan Kulonprogo untuk melihat potensi tanah yang dapat ditanami anggur atau strawberry.

“Seperti anggur di Yamanashi dapat dikembangkan di lereng Merapi, biarpun lahan agak terbatas tapi potensi itu ada,” kata Sultan HB X.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.