Akhir Pekan Di Yogya Kali Ini, Lihat Watu Bersusun Yuk

Posted on

Batu bersusun di Desa Argodadi, Sedayu Bantul (Usman Hadi/detikcom)

Bantul – Ada destinasi gres yang lagi hits di media sosial. Inilah kerikil bersusun (rock balancing) di sungai Dusun Brongkol, Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu, Bantul.

detikTravel telah mengunjungi rock balancing Bantul itu di awal bulan maret lalu. Batu bersusun tersebut sengaja dibikin oleh warga setempat.

Tujuan rock balancing untuk memperindah pemandangan di sekitar lokasi. Sebab di sungai kecil itu sering dipakai warga sekitar terutama belum dewasa untuk mandi.

Sebenarnya susunan kerikil ini tidak serapi ‘rock balancing’. Namun warga masyarakat sekitar yang menyaksikannya justru merasa senang.

Batu bersusun di Yogyakarta (Usman Hadi/detikTravel)Batu bersusun di Yogyakarta (Usman Hadi/detikTravel) Foto: undefined

Rock balancing yang tersusun di Brongkol kebanyakan tersusun dari bebatuan besar di belahan bawah dan kerikil ukuran kecil di belahan atas. Batu yang tersusun tersebut berjajar di tengah parit.

Batuan rock balancing itu bukan kerikil andesit namun kerikil kapur yang ada di sekitar lokasi. Beberapa kerikil yang tersusun ketinggiannya lebih dari satu meter. Namun ada juga kerikil ukuran kecil dengan ketinggiannya sekitar 30 centimeter. Jumlah susunan kerikil ukuran kecil ini lebih banyak.

Tony Sunaryo (28), warga setempat, menjelaskan bergotong-royong ia tidak seorang diri dalam menyusun kerikil di parit Dusun Brongkol. Tetapi ia dibantu seorang temannya, ialah Dayat. Sementara sebab menyusun kerikil di parit tersebut hanya wangsit sesaat atau iseng saja.

(Usman Hadi/detikTravel)(Usman Hadi/detikTravel)

“Idenya dari pikiran saya, cuma iseng-iseng. Awalnya kan banyak belum dewasa yang mandi di parit, ya sudah tak buatin tumpukan kerikil semoga penampilannya bagus,” kata Tony dikala ditemui wartawan di lokasi, Jumat (3/3/2018) lalu.

Dia menerangkan, ia mulai menyusun kerikil semenjak Kamis (2/3). Setidaknya dua kali ia bersama Dayat menyusun kerikil di parit, ialah dari jam 12.00-13.00 WIB, kemudian antara jam 16.30 WIB hingga menjelang magrib.

“Saya nyusun kerikil asal saja. Saya tidak tahu istilah rock balancing, aku malah gres tahu bila itu dinamakan rock balancing. Ini aku hanya nyusun saja, dari kerikil kecil tersebut ditaruh kerikil besar di atasnya,” paparnya.

“Tetapi memang tidak gampang nyusun kerikil menyerupai ini, butuh proses. Saat susunan kerikil sudah tinggi tiba-tiba ambruk, didirikan ambruk lagi, hingga kesannya berhasil terbentuk susunan kerikil menyerupai ini,” ucapnya.

Seorang warga Dusun Brongkol, Hamam (40), mengambarkan bahwa tidak menyangka susunan kerikil yang dibentuk Tony menarik warga masyarakat untuk melihatnya. Dia berharap, dengan adanya susunan batu, Dusun Brongkol semakin dikenal luas.

“Warga sini bahagia dengan adanya susunan kerikil ini, warga sini juga kompak-kompak, mudah-mudahan bermanfaat bagi warga,” katanya.

Begitu banyak pilihan destinasi wisata di Yogya yang dapat traveler kunjungi. Rock balancing di Bantul ini dapat menjadi wangsit liburan weekend kalian.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.