7.500 Pelari Dari 11 Negara Ramaikan Berdikari Jogja Marathon

Posted on

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengikuti kategori 5k (Foto: Tia Reisha/detikcom)

JakartaSebanyak 7.500 pelari memadati Yogyakarta dalam rangka mengikuti Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2019. Ajang marathon internasional ini digelar oleh Bank Mandiri berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Daerah spesial Yogyakarta untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia.

Rangkaian acara ini pun dimulai pada 26-28 April 2019. Pada 26-27 April, para penerima mengambil perlengkapan lomba (racepack collection) di pendopo Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Sedangkan pada 28 April, para pelari mengikuti acara inti di daerah Candi Prambanan.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo memberikan acara ini digelar selain untuk mempromosikan contoh hidup sehat, acara ini juga bertujuan untuk sekaligus mempromosikan pariwisata di Yogyakarta.

“Yang pertama kita pastinya mempromosikan hidup sehat. Kita ingin generasi muda Indonesia ke depannya semakin menggemari olahraga hingga menjadi lifestyle. Kedua kita promosikan pariwisata pastinya alasannya yaitu wisata olahraga kini jadi trend di dunia,” ujar laki-laki yang bersahabat disapa Tiko itu.

Ia pun berharap Mandiri Jogja Marathon sanggup menjadi ajang internasional yang digelar tahunan. Untuk itu, selalu ada perbaikan biar event ini menjadi lebih baik, terutama perbaikan dalam hal kerapihan.

7.500 Pelari dari 11 Negara Ramaikan Mandiri Jogja Marathon

Water sprinkle di Mandiri Jogja Marathon (foto: dok. Bank Mandiri)

Tahun ini, penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon pun terlihat lebih baik dari tahun sebelumnya. Kali ini, acara ini juga melibatkan lebih banyak lagi sekolah, sanggar, komunitas seni dan kelompok-kelompok lainnya untuk berperan aktif pada MJM.

“Kali ini juga aku rasa lebih baik dibanding tahun kemudian dan masyarakat juga sangat kooperatif sehingga seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan semua happy,” lanjut Tiko.

Jumlah pelari dalam Mandiri Jogja Marathon ini terdiri dari 670 pelari di kategori full marathon, 1.530 pelari di kategori half marathon, 2.280 pelari di kategori 10K, dan lebih dari 3 ribu pelari di kategori 5K.

Dari seluruh peserta, sebanyak 85,31% berasal dari luar Yogyakarta. Namun bukan hanya dari Indonesia, para pelari pun ada yang tiba dari negara lain. Tercatat ada 121 pelari gila sehingga Mandiri Jogja Marathon ini diikuti oleh 11 negara.

Pelari nasional pun ternyata bisa mengimbangi kecepatan pelari internasional. Di Mandiri Jogja Marathon 2019, pelari asal Kenya Stephen Munghatia Mugambi menjuarai ajang ini dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 48 detik untuk kategori full marathon putra.

Selain mengikuti lomba lari, para penerima juga bisa sekaligus menikmati keindahan alam dikala melewati rute yang melintasi banyak sekali destinasi. Bermula dari titik start di lapangan utama Roro Jonggrang, selanjutnya pelari bisa menikmati pemandangan mulai dari Km 13 hingga Km 15 yang menyuguhkan memandang deretan Gunung Merapi.

7.500 Pelari dari 11 Negara Ramaikan Mandiri Jogja Marathon

Para juara di kategori 5k Male Open (Foto: dok. Bank Mandiri)

Selanjutnya di Km 26 pelari akan disambut oleh Monumen Taruna Perjuangan dan Museum Pelataran. Lalu di Km 37 hingga Km 39 pelari bisa menyaksikan indahnya Candi Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Sedangkan di Km 40 ada pemandangan Candi Sewu dan Candi Bubrah hingga risikonya penerima finish di Candi Prambanan.

Selain titik tersebut, di beberapa rute lainnya pelari juga bisa menikmati pemandangan sawah dan nuansa pedesaan yang sangat khas dengan kearifan lokal Jawa, khususnya Yogyakarta. Masyarakat juga sangat antusias menyambut ajang yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini.

Lebih dari 8 ribu orang memadati race village di area candi Prambanan untuk melihat dan menawarkan dukungan kepada para pelari serta merasakan ragam kuliner khas Yogyakarta. Tidak hanya di area lomba, dukungan masyarakat juga mengalir di sepanjang rute yang dilalui para peserta.

“Bank Mandiri turut serta mendukung partisipasi desa dengan menawarkan proteksi berupa pengaspalan jalan rusak sepanjang rute marathon dan 450 lampu penerangan. Di samping itu, apresiasi juga diberikan kepada desa terbaik dalam kategori padat karya, ragam budaya, dan hiburan,” ujar Tiko.

Apresiasi Padat Karya diberikan kepada desa Wedonartani dan Umbulnartani. Sementara Ragam Budaya diberikan kepada desa Sukoharjo dan Titomartani. Desa Taman Martini, Purwomartani, Selomartani, Widodomartani, dan Maguwoharjo mendapat apresiasi dalam kategori hiburan.

7.500 Pelari dari 11 Negara Ramaikan Mandiri Jogja Marathon

Warga menampilkan kearifan local (Foto: dok. Bank Mandiri)

Di daerah lomba Mandiri Jogja Marathon 2019, masyarakat juga sanggup mengikuti jadwal aktivasi LinkAja untuk mendukung kampanye cashless society. Masyarakat akan mendapat edukasi penggunaan aplikasi LinkAja untuk melaksanakan banyak sekali transaksi kuliner dan lainnya di daerah race village Candi Prambanan.

“Kita juga promosikan kuliner Yogyakarta dan kuliner modern juga. Sambil lari sambil mengenal wisata dan kuliner Yogyakarta. Semoga Yogyakarta makin terkenal sebagai wisata nasional maupun internasional,” jelasnya.

Selain itu, Mandiri Jogja Marathon juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Ia menyampaikan bahwa acara ini sanggup membantu membuatkan pariwisata dan ekonomi di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

“Animo pencinta olahraga lari sungguh luar biasa, banyak sekali usia pun turut serta berpartisipasi. Marathon kali ini juga berbeda alasannya yaitu mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya lokal sehingga sanggup memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Yogyakarta dan sekitarnya,” ungkap Rini.





Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.