6 Pertanyaan Penting Soal Pulang Kampung Lewat Pantai Selatan Jawa

Posted on

Jalur Pansela yang mulus dan sepi (Ristyan/Kementerian PUPR)

Jakarta – Untuk pulang kampung Lebaran tahun 2018, ada jalur gres yang dapat digunakan traveler namanya Pantai Selatan Jawa (Pansela). Bisa jadi pertimbangan jalur alternatif ke kampung halaman.

Dihimpun detikTravel dari data-data Kementerian PUPR, Rabu (6/6/2018), ada sejumlah informasi yang para traveler mesti tahu sebelum memutuskan akan menggunakan jalur Pansela atau tidak. Ini ia sejumlah pertanyaan pentingnya:

1. Apa itu Jalur Pansela?

Jalur Pansela ialah jalur alternatif pulang kampung sekaligus jalur wisata di Selatan Jawa. Panjangnya 1.405 km dengan lebar jalan 5-7 meter. Jalur ini membentang dari Banten hingga Jawa Timur.

“Jalur Pansela sudah anggun dari Banten hingga Yogyakarta. Selanjutnya dari Yogyakarta hingga Ponorogo beberapa waktu kemudian aku lewati, jalannya sudah cukup lebar,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

6 Pertanyaan Penting Soal Mudik Lewat Pantai Selatan JawaJembatan Damas di Trenggalek (Dok. Kementerian PUPR)


2. Apa kelebihan Jalur Pansela?

Menurut Kementrian PUPR, jalur Pansela lebih sepi dibanding Pantura yang padat. Pemandangannya juga indah dan banyak kawasan wisata. Hotel dan fasilitas di Pansela tarifnya lebih murah daripada Pantura. Di Jalur Pansela juga banyak pemandangan indah dan destinasi wisata.

3. Nah, apa kekurangan Jalur Pansela?

Jalur Pansela belum sepenuhnya selesai. Ada sebagian jalur belum tersambung yaitu dari Trenggalek, Tulungagung, Malang, Banyuwangi. Selain itu ada ruas jalan yang belum dilebarkan di Kebumen.

“Hanya sedikit di Kebumen ada ruas yang belum dilebarkan dan akan dikerjakan tahun ini,” kata Basuki.


4. Kalau dari Jakarta, bertemu Jalur Pansela di mana?

Bergantung pulang kampung ke mana. Kalau ke Banten Selatan dapat ke Pansela dari Pelabuhanratu. Yang pulang kampung ke Jabar Selatan, dapat masuk dari Garut atau Pangandaran.

Nah, jika kau pulang kampung ke Jawa Tengah bab selatan, DI Yogyakarta atau Jawa Timur, baiknya masuk Jalur Pansela dari Cilacap. Tinggal lurus tancap gas hingga DI Yogyakarta.

5. Apa yang mesti disiapkan sebelum masuk ke Jalur Pansela?

Pastikan kendaraan beroda empat dalam kondisi prima, mesin oke, ban juga dicek. Bensin usahakan full tank. SPBU di Pansela adanya di sentra kabupaten, jangan hingga kehabisan bensin di tengah jalur Pansela yang sepi.

Fisik juga mesti prima, waspada di kawasan sepi, apalagi di malam hari. Cari kawasan rehat yang relatif ramai, agar lebih aman.

6. Bisa sambil berwisata nggak?

Bisa banget! Kementerian PUPR menyebutkan untuk Jalur Pansela Jawa Tengah dan DI Yogyakarta saja melewati 36 pantai. Pantai populer antara lain Pantai Congot, Pantai Pandansimo, Pantai Glagah, Pantai Parangtritis dan Pantai Soge.

Belum lagi Pansela Banten dan Jawa Barat. Dari Pantai Sawarna, Pelabuhanratu, Pantai Santolo hingga Pantai Pangandaran. Itu pun belum semuanya. Kaprikornus bawa kamera kau dan nikmati perjalanannya!

Tonton juga ‘Waspada! Puncak Arus Mudik Datang Lebih Cepat’:

[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.