5 Pantai Absurd Di Indonesia Yang Punya Gerojokan Ke Laut

Posted on

Foto: Pantai Banyunibo yang cantik! (Adi Susanto S./dTraveler)

Gunungkidul – Pantai berpasir putih, jernih atau bebatuan karang yang eksotis itu sudah biasa. Yang ini anti mainstream: pantai-pantai yang punya teladas ke laut!

Air terjun biasanya ditemui traveler sehabis mendaki hutan belantara atau mendaki pegunungan. 5 Pantai berikut ini benar-benar anti mainstream, alasannya justru punya teladas dan eksklusif jatuh ke laut.

Disusun detikTravel, Kamis (7/4/2016) berikut 5 pantainya:

(Alfan Baedlowi/dTraveler)


1. Pantai Pulau Mursala, Tapanuli Tengah

Dimulai dari bab barat Indonesia tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara inilah Pulau Mursala. Pulau kecil yang di salah satu ujungnya terdapat tebing dan teladas yang eksklusif jatuh ke laut.

Nama air terjunnya ialah Air Terjun Mursala. Sebenarnya, pantai di sana tidak mempunyai pasir hanya berupa bebatuan saja. Tapi tak mengapa, lantaran kita sanggup eksklusif berenang di depan air terjunnya dan memandangi indahnya air yang mengalir deras dari ketinggian 35 meter tersebut.

Airnya mengalir eksklusif ke perairan dangkal berwarna hijau jernih. Di bawahnya terdapat terumbu karang warna-warni dengan ikan yang hilir mudik. Cantik!

Sebenarnya, keberadaan teladas ini masih misteri. Belum ada klarifikasi ilmiah yang memuaskan perihal sumber air di air terjunnya. Pulau Mursala tak terlalu luas, sehingga tampak tidak mungkin sanggup menghasilkan volume air tawar yang cukup besar. Lagipula ketika animo panas sekalipun, airnya tetap mengalir.

Kami yang ingin tau sanggup pergi ke Pandan, ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah, kemudian naik kapal selama 2 jam ke Pulau Mursala. Harga sewa boat ke sana, sekitar Rp 2,8 juta-an.

(Yogaku Puspita Rini Sagala/dTraveler)


2. Pantai Jogan, Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul di Di Yogyakarta mempunyai dua pantai yang punya teladas yang jatuh ke bahari dan saling berdekatan. Nama kedua pantainya ialah Pantai Jogan dan Pantai Banyunibo, yang patokannya ialah Pantai Siung. Lokasinya berada di Dusun Wates, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. jaraknya sekitar 70-an km dari sentra Kota Yogya.

Pertama kita ke Pantai Jogan dulu yang berada di sebelah barat Pantai Siung. Paantai Jogan didominasi oleh bebatuan karang. Tepat di pinggir pantainya, terdapat teladas setinggi 7 meter. Wow!

Selain sanggup dipandangi dan dipotret, wisatawan pun sanggup bermain di bawah air terjunnya. Alirannya tidak terlalu deras dan bab bawahnya ialah bebatuan pantai. Kaprikornus rasa-rasanya, ibarat sedang mandi di air pancuran saja.

Aliran air terjunnya begitu segar. Keunikannya tentu saja, sehabis mencicipi air tawar, wisatawan yang berenang di pinggiran pantainya akan mencicipi air yang asin. Tidak akan cepat bosan, main air di Pantai Jogan.

(Adi Susanto S./dTraveler)


3. Pantai Banyunibo, Gunungkidul

Kalau tadi di sebelah barat Pantai Siung, sekarang kita ke sebelah timurnya. Inilah Pantai Banyunibo yang jaraknya sedikit jauh dengan trekking terlebih dulu melewati persawahan dan padang rumput. Uniknya, jalur terekking yang berupa padang rumput ada di pinggiran tebing dan cenderung miring. Hati-hati melangkah ya!

Begitu mendaki bukit, mata kita akan enggan berkedip ketika melihat pantainya. Di pantai yang ukurannya kecil tanpa pasir dan bebatuan hitam yang besar-besar, di atasnya terdapat teladas yang mengalir belasan meter. Cantik sekali.

Untuk turun ke pantainya, kembali kita harus hati-hati melangkah. Cukup licin dan curam. Ukuran tinggi teladas di Pantai Banyunibo lebih tinggi di Pantai Jogan. Satu lagi, Pantai Banyunibo ini masih sepi lantaran jarang dikunjungi wisatawan.

Jadilah, Pantai Banyunibo serasa pantai privat milik kita sendiri. Yang bikin iri, di bab atas bukit dan berada di pinggir anutan teladas terdapat beberapa rumah penduduk. Ah, lezat sekali mereka melihat panorama manis ibarat ini setiap hari.

(Johanes Randy/detikTravel)


4. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pacitan di Jawa Timur juga mempunyai pantai yang punya teladas yang jatuh ke laut. Namanya Pantai Banyu Tibo dan berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Tiket masuk ke pantainya pun murah, cuma Rp 5 ribu.

Di pinggir pantainya, terdapat teladas yang berasal dari anutan sungai dan jatuhnya ke bibir pantai. Tinggi air terjunnya, sekitar 7-8 meter. Yang bikin asyik, anutan airnya jatuh dulu ke pantai berpasir putih sebelum mengalir ke laut. Bisa santai, sekaligus main basah-basahan di air terjunnya.

Pantai Banyu Tibo cukup landai. Perairan lautnya pun bergradasi biru kehijauan. Pantainya eksotis dan air terjunnya cantik, lengkap!

(Safirah Ishami/dTraveler)


5. Pantai Toroan, Madura

Ingin ke pantai sekaligus air terjun? Satu lagi yang sanggup ditemui ibarat itu ialah Pantai Toroan di Madura. Pantai sekaligus teladas ini berada di Sampang dan sangat wajib dimasukkan dalam salah satu itinerary ketika liburan ke Madura.

Seperti kebanyakan pantai dengan air terjun, yang satu ini juga mempunyai pesisir yang lebih banyak karangnya. Namun tak apa, toh tetap asyik untuk dijadikan objek wisata. Airnya yang biru jernih menarik hati siapa saja yang melihat.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.