5 Fakta Tugu Jogja, Ikon Bersejarah Kota Yogyakarta

Posted on

5 Fakta Tugu Jogja, Ikon Bersejarah Kota Yogyakarta. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

JakartaTugu Jogja menjadi salah satu simbol bersejarah kota Jogja. Tugu Jogja juga mempunyai beberapa fakta menarik dari mulai filosofi hingga bangunannya. Penasaran?

Tugu Jogja terletak di simpang empat antara jalan Sudirman di sisi Timur jalan AM Sangaji di sisi Utara, jalan Diponegoro di sisi Barat, dan jalan Mangkubumi di sisi Selatan.

Berada di jantung kota, Tugu yang dinamakan Pal Putih ini disebut sebagai titik sentra kawasan ini. Selain Tugu Jogja, sebetulnya Jogja mempunyai beberapa ikon lainnya mirip Pantai Selatan, Gunung Merapi, dan Kraton Yogyakarta.

Sama mirip bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Tugu Jogja juga mempunyai dongeng dan filosofi yang menarik. Ada pula mitos yang menyampaikan jikalau siapa saja yang berfoto di Tugu Jogja, suatu dikala akan kembali lagi ke tempat tersebut.

5 Fakta Tugu Jogja, Ikon Bersejarah Kota Yogyakarta5 Fakta Tugu Jogja, Ikon Bersejarah Kota Yogyakarta. Foto: (Wahyu Wirawan/d’Traveler)

Berikut ini 5 fakta perihal Tugu Jogja yang perlu kau ketahui.

1. Pernah Dinamakan Tugu Golong Gilig

Pada zaman Belanda, Tugu Jogja disebut dengan Tugu Golong Gilig. Disebut Golong Gilig sebab dibagian atasnya ada bentuk mirip bola. Jadi, awalnya tugu ini berbentuk silindris (Gilig) dan menyangga bola pejal (Golong) sehingga dinamakan Golong Gilig.

Golong Gilig mengandung arti menyatukan kekerabatan antara kasultanan Jogja dengan rakyatnya.

2. Pernah Runtuh Tahun 1867

Pada tahun 1867 gempa ahli melanda Jogja dan Tugu Golong Gilig sempat runtuh. Gempa bumi ini terjadi tepatnya pada 10 Juni 1867. Setelah sempat runtuh, balasannya Tugu ini kembali dibangun pada zaman Sri Sultan Hamengkubuwono VII pada 3 Oktober 1889.


3. Tinggi Tugu Menyusut 10 Meter

Sebelumnya, Tugu Golong Gilig yang sekarang berjulukan Tugu Jogja mempunyai tinggi 25 meter dan dikala dibangun kembali, tingginya dibentuk menjadi 15 meter. Tugu ini kemudian diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII.

4. Simbol Bintang Enam Sudut

Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja terdapat beberapa simbol maupun goresan pena dalam huruf Jawa. Simbol Tugu Jogja yang paling terlihat yaitu lambang bintang dengan enam sudut, gambar Tugu Jogja ini ibarat Bintang David.

Bagian ujung Tugu Jogja berbentuk mirip tanduk seekor kuda putih dengan bentuk spiral dan berwarna emas.

5. Dibuat Miniatur

Saking sangat ikoniknya, Tugu Jogja selalu bikin kangen para traveller berkunjung. Banyak beredar gambar Tugu Jogja dalam bentuk vector yang menarik untuk dilihat.

Bagi kau yang mampir ke Stasiun Tugu, sanggup mendapati sebuah miniatur Tugu Jogja yang dijual. Versi Tugu Jogja mini ini sanggup lho jadi buah tangan khas dari Jogja.

Jadi kapan kau ke Tugu Jogja?

Simak Video “Salat Tiga Waktu, Ajaran Islam Pertama di Sembalun
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.