4 Gunung Penuh Tantangan Di Sekitar Joglosemar

Posted on

Gunung Merapi (Bagus Kurniawan/detikTravel)

Yogyakarta – Kawasan Joglosemar (Yogya-Solo-Semarang) mempunyai sejumlah gunung yang mengelilinginya. Setidaknya ada 4 gunung menantang yang jadi favorit bagi para pendaki.

Dihimpun detikTravel, Kamis (26/10/2017), gunung-gunung itu hampir buka sepanjang tahun. Simak beberapa dongeng menarik dari 4 gunung itu berikut ini:

1. Gunung Merapi

4 Gunung Penuh Tantangan di Sekitar JoglosemarFoto: (Bagus Kurniawan/detikTravel)


Gunung ini berada di tempat Taman Nasional Merapi yang kaki-kakinya mencakup Boyolali, Klaten, Yogyakarta, dan Magelang. Puncaknya sendiri sudah tak menyerupai dulu semenjak letusan terakhir 2010 dan mengurangi ketinggiannya menjadi 2.000-an mdpl.

Letusan 7 tahun silam itu menjadi erupsi yang paling dahsyat semenjak kurang lebih 1,5 kurun silam. Traveler sanggup mendaki gunung yang cukup dikeramatkan Keraton Yogyakarta itu dari pos Selo, Boyolali. Namun, sebuah jalur pendakian gres melalui Sapuangin di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, telah dibuka pada Mei 2017 lalu.

2. Gunung Merbabu

4 Gunung Penuh Tantangan di Sekitar JoglosemarFoto: (istimewa)


Gunung yang sebagian besar daerahnya ada di Boyolali dan Magelang dengan puncak-puncaknya yakni Trianggulasi, Kentengsongo serta Syarif ini amat digemari para traveler. Bagaimana tidak, hamparan sabana yang luas juga lautan awannya berbatas dengan Gunung Merapi yakni hidangan amat anggun dikala mendakinya kalau melalui Selo.

Gunung yang berada di Taman Nasioanal Gunung Merbabu itu sanggup dikatakan menjadi gunung yang paling banyak jalur pendakiannya. Bayangkan saja, hanya di satu gunung ada 5 jalur pendakian sekaligus, yakni melalui Jalur Selo (Boyolali), Jalur Tekelan (Kopeng, Salatiga), Jalur Suwanting (Magelang), Jalur Wekas (Magelang), dan Jalur Chuntel (Magelang).

3. Gunung Ungaran

4 Gunung Penuh Tantangan di Sekitar JoglosemarFoto: (Andhika Prasetia/detikTravel)


Gunung yang berada di Kabupaten Semarang ini amat digemari para pendaki. Untuk pemandangannya, traveler sanggup melihat kecantikan gemerlap malam Kota Semarang, indah sekali.

Hanya mempunyai ketinggian 2.050 mdpl, jadi tempatnya para pendaki untuk berlatih atau biasa disebut diksar. Jika traveler ke sana jangan hanya mendaki ya, alasannya di daerah Bandungan banyak obyek wisata, mulai dari tempat nongkrong ala pegunungan, peninggalan sejarah sampai berburu buah di pasarnya atau sekadar kemping anggun di camp ground-nya.

4. Gunung Lawu

4 Gunung Penuh Tantangan di Sekitar JoglosemarFoto: Reni PS/d’Traveler


Inilah gunung terakhir yang amat lekat dengan Joglosemar. Kenapa? Walau secara administratif Gunung Lawu berada di wilayah Karanganyar, para traveler lebih bahagia menyebutnya ada di wilayah Solo.

Gunung yang anggun sekaligus mistis ini sudah populer dijadikan tempat mencari pencerahan sampai didatangi pendaki sekelas Presiden Soeharto lho. Uniknya, hanya di gunung ini kau akan menemui penjual masakan berupa nasi pecel persis di bawah puncaknya dan satu yang paling populer yakni Warung Mbok Yem.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.