20 Kawasan Wisata Di Cirebon Yang Asyik Untuk Pulang Kampung Lebaran

Posted on

Foto: Keraton Kasepuhan Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)

Cirebon – Libur Idulfitri tiba! Traveler yang pulang kampung sanggup berwisata ke 20 tempat wisata di Cirebon berikut ini.

Mudik sekarang bukan cuma berkunjung ke sanak saudara. Traveler sanggup ajak keluarga untuk jalan-jalan dan mempererat tali silahturahmi.

Dikumpulkan detikcom dari banyak sekali sumber, Minggu (2/62019) inilah tempat liburan dan wisata masakan yang sanggup traveler datangi ketika pulang kampung ke Cirebon

1. Batu Lawang

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

Tempat wisata di Cirebon yang gres ialah Batu Lawang, berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Wisata Batu Lawang tengah hits di media sosial. Pemandangannya tak kalah menarik dengan Tebing Breksi yang ada di Sleman, Yogyakarta.

Ya, wisata alam Batu Lawang menyuguhkan keindahan tebing berbatu menyerupai Tebing Breksi. Batu Lawang menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang paling diburu untuk swafoto.

2. Pantai Kejawanan

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Tri Ispranoto/detikcom)

Tempat wisata di Cirebon lainnya ialah pantai favorit yang digemari wisatawan yakni Pantai Kejawanan. Pantai Kejawanan berlokasi di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Pantai Kejawanan selalu diserbu wisatawan ketika menjelang senja. Menikmati senja di pantai merupakan momen yang paling digemari banyak orang.

3. Gua Sunyaragi

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Rengga Sancaya/detikcom)

Tempatnya yang instagramable menciptakan Gua Sunyaragi jadi tempat wisata di Cirebon yang selalu diserbu ketika isu terkini liburan. Bangunan Gua Sunyaragi didominasi dengan watu karang. Menyusuri setiap sudut-sudut watu karang di Gua Sunyaragi sembari berswafoto menjadi salah satu alasan wisatawan untuk berkunjung.

Gua Sunyaragi terdiri dari beberapa bangunan, di antaranya Bangsal Jinem, Gua Pengawal, Mande Kemasan, Gua Simanyang, Gua Langse, Gua Peteng, Gua Argajumut, Gua Padang Ati, Gua Kelanggengan, Gua Lawa dan Gua Pawon.

4. Keraton Kasepuhan

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Petrus Sitepu/d’Traveler)

Tempat wisata di Cirebon sangat lekat dengan cerita Sunan Gunung Jati. Untuk itu, cobalah untuk mampir ke Keraton Kasepuhan. Keraton Kasepuhan dibangun oleh paman Sunan Gunung Jati yang berjulukan Pangeran Cakrabuana, putera Raja Pajajaran Prabu Siliwangi.

Arsitektur Keraton Kasepuhan punya empat gaya, yakni gaya Jawa, Sunda, Arab, China dan Eropa. Ada museum modern, dan traveler sanggup berfoto di kereta milik keluarga keraton, Singa Barong dan lukisan Prabu Siliwangi.

5. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Rengga Sancaya/detikcom)

Kalau berkunjung ke Keraton Kasepuhan, langkahkan kaki ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini jadi tempat dakwah dari Sunan Gunung Jati dan dibangun tahun 1400-an dengan arsitek Sunan Kalijaga.

Hal unik yang sanggup traveler temukan ialah corak masjid yang merupakan akulturasi dari Islam dan Hindu. Kedua, tradisi Adzan Pitu yakni adzan salat Jumat disuarakan oleh tujuh orang sekaligus berpakaian putih.

Kemudian, atap masjidnya bukanlah kubah menyerupai masjid-masjid pada umumnya tetapi bentuk limas dan di dalamnya banyak tiang kayu yang dirakit sebagai penyangganya.

6. Pusat Grosir Batik Trusmi

Buah tangan menjadi hal yang tak boleh dilewatkan ketika liburan. Selain makanan, tempat wisata di Cirebon juga ada yang berupa destinasi batik khas yang cantik.

Kamu sanggup berbelanja batik di Pusat Grosir Batik Trusmi di Jl Trusmi Kulon No 148, Cirebon. Kamu sanggup berburu aneka batik dengan bermacam-macam ukuran dan jenis, dari batik untuk pakaian formal, kerja, aktivitas sehari-hari, bersantai, dan batik untuk anak-anak. Batik dengan tema couple pun tersaji di sana.

7. Kampung Jangkrik

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

Wisata Kampung Jangkrik tersebut dirintis oleh Bambang Setiawan (31) di Desa Bakung, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Wisata Kampung Jangkrik menjadi sarana edukasi untuk berguru membudidaya jangkrik untuk wisatawan.

Tak hanya edukasi soal budidaya jangkrik, kampung ini juga memperlihatkan produk olahan berbahan dasar jangkrik, menyerupai sosis jangkrik, camilan manis jangkrik, keripik jangkrik, dan lainnya. Inilah tempat wisata di Cirebon yang unik.

8. Benda Cagar Budaya (BCB)

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

Tempat wisata di Cirebon bukan cuma wisata kuliner. Cirebon juga menyuguhkan wisata sejarah yang tak kalah menarik. Ada banyak bangunan bersejarah yang ditetapkan sebagai cagar budaya.

Kota ini punya 70 bangunan bau tanah yang tercatat sebagai Benda Cagar Budaya (BCB). Dari 70 BCB itu, lima di antaranya ialah Gedung Balai Kota, Gedung Negara, Gedung Bank Indonesia, Gedung British American Tobacco (BAT), dan Stasiun Kereta Api Cirebon. Gedung-gedung ini menjadi buruan wisatawan untuk berswafoto dan Instagram.

9. Masjid Keraton Kanoman

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

Masjid Keraton Kanoman Cirebon lokasinya persis di belakang Pasar Kanoman Cirebon, Kelurahan Pekalipan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Masjid Keraton Kanomam ini mempunyai sejarah sebagai syiar Islam pada zaman Sultan Raja Zulkarnain bersama Sultan Anom Raja Nurbuat. Masjid ini jadi tempat pelaksanaan program tradisi yang sampai sekarang masih dilakukan, menyerupai Panjang Jimat atau pencucian pusaka keraton.

10. Si Blawong

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

Pintu gerbang besar berwarna putih di areal Siti Hinggil komplek Keraton Kanoman Cirebon dipercaya mempunyai daya mistis kuat. Si Blawong namanya.

Dengan tinggi sekitar 8 meter, Si Blawong pun terlihat kokoh. Tak hanya itu, Si Blawong diyakini sebagai gerbang penghubung antara alam positif dengan alam gaib.

Juru bicara Keraton Kanoman Cirebon Ratu Raja Arimbi Nurtina menyampaikan Si Blawong berasal dari bahasa sunda kuno yang mempunyai arti tinggi. Berdasarkan naskah kuno Si Blawong sudah ada semenjak masa Prabu Jayabhupati sekitar tahun 1030 sampai 1042 masehi.

11. Pulantara

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

Pulantara merupakan salah satu bangunan bau tanah di kompleks Keraton Kanoman, Cirebon, Jawa Barat. Tepatnya di area Kebon Jimat Keraton atau di belakang Museum Pusaka Keraton Kanoman.

Pulantara sudah ada semenjak masa Pakuan tahun 1445, masa kepemimpinan Pangeran Cakrabuana. Cerita pembangunan Pulantara pun masih menjadi misteri. Menurut sesepuh keraton, Pulantara dibangun dalam waktu sehari semalam.

12. Bangsal Witana

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sudirman Wamad/detikTravel)

Bangsal Witana di Keraton Kanoman Cirebon dipercaya sebagai bangunan pertama yang berdiri. Bangunan ini jadi bukti peradaban Cirebon berasal dari Dukuh Caruban.

Bangsal Witana itu kondisinya terbuka, memudahkan wisatawan untuk mengunjunginya. Lokasi Bangsal Witana persis berada di belakang Bangsal Jinem Keraton Kanoman Cirebon. Di depan Bangsal Witana terdapat kolam. Selain itu, ada bangunan berbentuk watu karang yang kokoh, yakni wadasan dan mega mendung.

13. Telaga Remis

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (Sri Subaktiyani/d’Traveler)

Telaga Remis bekerjsama bukan tempat wisata di Cirebon, tapi masuk ke dalam Kabupaten Kuningan. Namun, lebih dekat ditempuh melalui Cirebon yang berjarak sekitar 20-an km ke arah Majalengka. Lokasinya sempurna di kaki Gunung Ciremai dan jarak tempuh dari Kota Cirebon sekitar 1 jam.

Tiket masuk ke dalamnya murah, tak lebih dari Rp 10 ribu. Begitu melintasi gerbang masuk, kau akan merasakan suasana yang sejuk sebab kawasannya dipenuhi pepohonan rimbun. Tak lema, telaga atau danau yang hijau nan indah sudah terlihat di depan mata.

14. Objek Wisata Cibulan

Berjarak 28 km dari Kota Cirebon dan tepatnya di Desa Manis Kidul, Kuningan terdapat objek wisata Cibulan. Tempat ini merupakan 2 kolam yang luas dan berisi ikan. Tapi, bukan sembarang ikan!

Ada banyak sekali Ikan Kancra Bodas atau lebih dikenal dengan nama Ikan Dewa. Konon, Ikan Dewa ialah jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi. Jumlah ikan yang ada di kolam diyakini tidak pernah berkurang atau bertambah, selalu sama. Masyarakat setempat pun meyakini, barang siapa yang menyentuh ikannya sanggup mendatangkan keberkahan. Percaya tidak percaya…

15. Banyu Panas Palimanan

Mau bersantai dengan berendam di kolam air panas di Cirebon? Banyu Panas Palimanan ialah tempatnya. Lokasinya berada Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan. Dari Cirebon, jaraknya 25-35 menit.

Di sana terdapat sumber air panas yang mengandung sulfur atau sulfur tinggi dan baik untuk kulit. Asyiknya lagi, kolamnya luas dan dangkal. Paling enak berendam di sini!

16. Kura-kura Belawa

Mungkin belum banyak traveler yang tahu, bila Cirebon punya kura-kura langka. Datang saja ke Desa Belawa di Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon yang punya daerah konservasi kura-kura tersebut.

Nama latin kura-kuranya yakni Amyda cartilaginea, dengan bentuk badan yang tidak menyerupai kura-kura pada umumnya. Jika biasanya kura-kura pada umumnya bertempurung cembung menyerupai setengah lingkaran, yang ini malah cekung di tengah!

17. Empal Gentong

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik LebaranFoto: (detikFood)

Salah satu masakan yang harus traveler coba ketika ke Cirebon ialah Empal Gentong. Potongan daging empuk dengan kuah kuning yang enak menjadi perpaduan yang cocok.

Traveler yang ingin mencoba sanggup ke Empal Gentong Amarta atau Empal Gentong Apud yang populer, letaknya bersebelahan di Jalan Juanda, Desa Battembat, Tengah Tani. Semangkuknya hanya Rp 15 ribu saja.

18. Makam Sunan Gunung Jati

20 Tempat Wisata di Cirebon yang Asyik Untuk Mudik Lebaran(Sudirman Wamad/detikTravel)

Dulu, salah satu Wali Songo yakni Sunan Gunung Jati menjadi penyebar Agama Islam di Kota Udang. Kini, makamnya yang berlokasi di Astana Gunung Jati menjadi destinasi wisata religi. Bahkan, tidak yang hanya Muslim saja, juga masyarakat Tionghoa. Karena dulunya, istri dari Sunan Gunung Jati ialah putri Tionghoa.

Di potongan belakangnya, terdapat Masjid Astana Gunung Jati, tempat dulu Sunan Gunung Jati juga berdakwah. Lokasi masjid ini ada di kontur perbukitan, menyebabkan masjid ini mempunyai lantai unik yang berundak-undak. Tempat imam berada di undakan paling tinggi.

19. Masjid At Taqwa

Menyusuri tempat wisata di Cirebon Cirebon, traveler akan menemui Masjid At Taqwa di alun-alun. Masjid ini bernuansa modern, lengkap dengan minaret yang menjulang tinggi.

Letaknya berada di Jalan Kartini. Bagi yang muslim, sanggup melakukan Salat Maghrib atau Salat Isya di sini. Setelah itu, sanggup jajan dan merasakan banyak sekali masakan enak di sepanjang Jalan Kartini. Di sinilah tempat muda mudi Cirebon berkumpul ketika malam hari.

20. Nasi Jamblang Mang Dul

Belum ke Cirebon bila tidak merasakan Nasi Jamblang. Salah satu tempat favoritnya ialah Nasi Jamblang Mang Dul yang terletak di Gunung Sari, depan Grage Mall.

Nasi dibungkus daun jati, dengan aneka lauk pauknya siap mengisi perut dan menambah energi untuk mengelilingi Cirebon. Sate kentang, telur, daging, cumi dan tempe tahunya punya bumbu khas yang sayang untuk tidak dicoba.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.